Manajemen Sriwijaya FC resmi mengajukan permohonan kepada PT Gelora Trisula Semesta agar pelaksanaan kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) nanti tidak berbeturan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, September mendatang. Hal ini dikarenakan hampir seluruh klub peserta ISC memiliki pemain yang juga akan bermain di pesta olahraga terbesar di tanah air tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh sekretaris PT SOM, Faisal Mursyid saat dikonfirmasi Selasa (12/4) malam. Menurutnya, saat pelaksanaan manager meeting ISC yang dihadiri oleh seluruh klub peserta, pihaknya memang melontarkan masukan agar selama pelaksanaan PON yang akan berlangsung pada 17-29 September mendatang, ada penyesuaian jadwal dari PT GTS.

“Sebagai contoh di tim SFC saat ini ada 4 pemain yang juga merupakan tumpuan tim PON Sumsel, begitu juga klub lain yang rata-rata juga memiliki pemain muda yang akan bermain di PON Jabar nanti. Jadi kami berharap agar H-7 PON nanti jadwal ISC dapat menyesuaikan,” jelasnya. Selain untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk turun di pesta olahraga empat tahunan ini, banyak stadion di Jawa Barat juga yang akan digunakan sebagai venue pertandingan cabor sepakbola.

Pihaknya berharap, nantinya ada kebijakan khusus dari operator pelaksana ISC agar kedua even tersebut, baik PON atau ISC dapat berjalan dengan sama baiknya. “Usulan kami sudah diterima dan menjadi catatan langsung bapak Djoko Driyonp selaku direktur PT GTS, semoga saja nanti apa yang kami sampaikan dapat diterima,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Faisal juga menegaskan bahwa SFC yang awalnya akan melakoni laga pembuka ISC melawan Persipura di Jayapura, kini sudah dapat dipastikan akan mengalami perubahan. “Jadwal laga perdana ISC tidak berubah, namun yang akan bermain adalah Persipura melawan Persija Jakarta. Soal jadwal baru SFC, kami masih menunggu dan katanya akan dikirimkan paling lambat Rabu (13/4),” bebernya.

Usai menerima draft jadwal ISC terbaru, seluruh klub sendiri mendapat kesempatan untuk memberikan tanggapan serta diberikan waktu hingga Jumat (15/4) mendatang bila meminta penyesuaian/revisi. “Launchingnya ISC sendiri akan dilakukan Senin (18/4) mendatang, setiap tim diperbolehkan mendaftarkan maksimal 25 pemain, dimana 3 diantaranya wajib berusia dibawah U21. Pendaftaran pertama akan dibuka hingga 22 April, sementara penutupan transfer window pada 15 Mei nanti,” pungkasnya.

Artikel Terkait