Sriwijaya FC terus mempersiapkan diri menghadapi babak 6 besar turnamen Piala Gubernur Kaltim yang akan dimainkan dengan format trofeo. Laskar wong kito sendiri tergabung di grup Y bersama tuan rumah Pusamania Borneo FC dan Surabaya United, sementara pertandingannya akan dilaksanakan Kamis (10/3) besok di stadion Segiri Samarinda.

Pelatih SFC, Beny Dollo sendiri mengaku pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi untuk melawan 2 tim yang berbeda dalam pertandingan selama 90 menit nanti. Namun Bendol berharap agar panpel turnamen PGK dapat juga membuat aturan yang lebih jelas saat pelaksanaan trofeo nantinya.

Pihaknya sendiri mencontohkan aturan mengenai hukuman akumulasi bagi di babak 6 besar ini. “Tim kami sudah membaca di buku panduan turnamen PGK dan hanya disebut pemain yang terkena 2 KK absen di 1 pertandingan, tetapi sepertinya itu aturan saat kebijakan trofeo belum diambil dan masih dengan format 8 besar serta semifinal di awal dulu,” jelasnya.

SFC sendiri di babak trofeo ini sendiri harus kehilangan Thierry Gauthessi yang di laga terakhir penyisihan Grup B kemarin terkena 1 KK sehingga secara total sudah mengantongi 2 KK. “Kita bingung, apakah absen hanya di 1 babak, karena konsep trofeo ini kan unik. Walau bermain selama 90 menit namun lawannya berbeda,” tambahnya.

Eks pelatih timnas ini sendiri berharap aturan akumulasi tersebut tetap ditegakkan namun harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan. “Jadi pemain yang terkena akumulasi, tidak boleh bermain di laga pertama tetapi bisa dimainkan di 45 menit berikutnya,” ungkap Bendol.

Selain itu, dirinya juga menyoroti tidak adanya aturan mengenai susunan pemain yang dapat diturunkan di babak trofeo ini. “Dalam pandangan kami, jika akan menghadapi 2 tim yang berbeda maka seharusnya diperbolehkan mengubah susunan di line up atau starting eleven,” tambahnya.

Namun Bendol menyatakan siap mengikuti ketetuan dari panpel turnamen PGK terkait babak trofeo ini. “Semoga di technical meeting nanti ada penjelasan detail mengenai hal ini, namun jangan terlalu lama karena kita perlu tahu lebih awal sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik,” pungkasnya.

RelatedPost