PALEMBANG — Sempat disebut akan melaksanakan pemusatan latihan selama masa libur, skuad Sriwijaya FC akhirnya mendapat libur lebih lama. Jika semula Supardi Nasir dkk akan kembali berkumpul pada 21 September dan melakukan beberapa uji coba, maka rencana tersebut dibatalkan.

Hal ini disampaikan oleh pelatih laskar wong kito, Widodo C Putro saat dihubungi Minggu (18/9) sore. Menurutnya, berdasarkan komunikasi dengan pihak manajemen, maka para pemain SFC diputuskan baru akan memulai latihan pada 26 September mendatang.

“Kita akan memulai latihan 26 September pagi, namun sehari sebelumnya para pemain sudah diharuskan untuk berkumpul lagi di Wisma Atlet Palembang,” ungkap eks asisten pelatih timnas ini. Namun meskipun libur, pihaknya mengaku tetap memberikan program dan memantau perkembangan para pemain.

“Setiap 2 hari sekali pelatih fisik memberikan program baru, dan setiap hari pun para pemain diminta memberikan laporan hasil waktu latihannya,” ujar pelatih asal Cilacap ini. Dirinya pun percaya bahwa pemain sekaliber Firman Utina dll akan mampu menjalankan tugasnya sebagai pemain profesional dengan baik.

“Mereka harus berlatih sesuai dengan porsinya, jangan juga terlalu kebanyakan karena bisa merugikan.  Saya juga tidak khawatir mereka akan bermain tarkam atau yang lain karena saat ini sudah terikat kontrak dengan SFC, jadi rasanya hal seperti itu akan sulit terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih fisik Keith Kayamba saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya terus memantau perkembangan pemain melalui kecanggihan teknologi saat ini. “Saya sudah membuat program dan saya share ke melalui WA atau email pemain masing-masing, setiap hari saya pun meminta mereka melaporkan catatan waktunya. Jika kurang dari standar maka akan saya berikan program tambahan,” ujar legenda hidup SFC ini.

Saat dimintai komentar mengenai baru akan berkumpulnya pemain SFC pada 26 September mendatang, Kayamba menyebut waktu tersebut masih cukup ideal sebelum bertanding melawan Bhayangkara FC, 2 Oktober mendatang. “Saya hanya perlu waktu sekitar 3 hari untuk mengembalikan fisik mereka, dengan catatan semua program saat liburan dijalankan dengan baik. Setelah itu kita bisa fokus ke persiapan strategi di lapangan nantinya,” pungkasnya. (dedi)

RelatedPost