Jelang partai pamungkas yang akan digelar Minggu (10/3), panitia penyelenggara turnamen Piala Gubernur Kaltim merilis 10 nama nominasi pemain terbaik. Nama-nama pemain dari kedua finalis yakni Pusamania Borneo dan Madura United mendominasi dengan mengirim masing-masing 3 pemain.

Sementara Arema Cronus dan Sriwijaya FC yang akan bermain di perebutan 3-4 juga menempatkan 2 pemainnya di daftar nominasi tersebut. Namun pemilihan nominasi pemain terbaik ini mendapat pertanyaan dari manajemen laskar wong kito yang mengaku tidak mengetahui kriteria yang ditetapkan oleh panpel.

“Pemilihan ini memang hak dari panpel melalui tim yang sudah dibuat. Namun harusnya saat diumumkan tadi ada penjelasan mengapa mereka dimasukkan, karena dalam pandangan kami ada pemain yang bisa menjadi perdebatan,” jelas Achmad Haris, sekretaris tim SFC usai technical meeting babak final turnamen PGK, Sabtu (12/3).

Munculnya nama Asep Berlian dari Madura United diakui Haris merupakan pertanyaan besar yang dilontarkan pihaknya. Meski memiliki peran yang besar dalam keberhasilan Laskar Kerah Sapeh ke babak final, namun aksi tackling keras Asep Berlian terhadap Firman Utina yang berujung cedera parah seharusnya juga menjadi pertimbangan.

“Di partai itu, tidak hanya memperoleh KK namun Asep juga sudah melanggar Firman Utina dengan keras dan hasilnya kini pemain SFC harus absen setidaknya 2 bulan ke depan. Tentu aksi pemain seperti itu yang bisa membuat pemain lain cedera juga tidak layak menjadi nominasi pemain terbaik,” tambahnya.

Tim penilai nominasi pemain terbaik turnamen PGK sendiri terdiri dari trio eks pemain timnas yakni Aji Ridwan Mas, Fachri Husaini dan Imram Nahumarury. Pemain terbaik turnamen PGK sendiri akan memperoleh hadiah sebesar Rp 100 juta.

Daftar nominasi pemain terbaik PGK :

  1. Engelberd Sani (Madura United)
  2. Asep Berlian (Madura United)
  3. Slamet Nurcahyo (Madura United)
  4. Terens Puhiri (PBFC)
  5. Arpani (PBFC)
  6. Sultan Samma (PBFC)
  7. Alfarizi (Arema Cronus)
  8. Dendi Santoso (Arema Cronus)
  9. Achmad Jufrianto (SFC)
  10. Ichsan Kurniawan (SFC)

Artikel Terkait