PALEMBANG — Sriwijaya FC bertekad meneruskan tren positif kemenangan saat menjamu Barito Putera, Sabtu (13/5) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Poin penuh diincar laskar wong kito guna menaikkan posisi di klasemen sementara kompetisi Liga 1 Indonesia 2017.

Pertemuan ini juga akan menjadi reuni kedua pelatih yakni Oswaldo Lessa di Sriwijaya FC dan Jacksen F Thiago yang kini menjadi arsitek Barito Putera. Keduanya sendiri memang pernah bekerja bersama saat masih membesut Persipura Jayapura beberapa musim lalu.

Namun Jacksen F Thiago sendiri menegaskan bahwa dirinya tidak terlalu memikirkan mengenai kedekatan tersebut dan fokus memperbaiki kekurangan di dalam timnya. “Setiap hari saya terus belajar. Lessa juga sudah tahu kebiasaan saya karena dulu pernah bersama-sama, tapi saya pikir sudah banyak terjadi perubahan. Dan saya merasa lebih berkembang saat sudah keluar dari Persipura,” ungkap pelatih yang juga pernah merasakan gelar juara sebagai pemain di Liga Indonesia ini, Jumat (12/5) sore.

Menurutnya, dirinya sudah siap menghadapi SFC yang dianggapnya kekuatannya tidak akan jauh berbeda bila dibandingkan saat pertemuan terakhir di Piala Presiden, Maret lalu. Meski belakangan banyak laga SFC tidak ditayangkan langsung di televisi, Jacksen menyebut gaya permainan Hilton Moreira dkk akan tetap sama.

“Saya pikir peran pemain yang akan lebih vital bila dibandingkan pelatih. Meski dulu di Piala Presiden SFC masih ditangani oleh Widodo C Putro dan sekarang berganti ke Lessa, tetapi 70 persen materi pemain masih sama dan tidak ada perubahan secara drastic,” ujarnya. Peran 4 pemain asing yang dimiliki oleh SFC disebutnya akan menjadi sentral kekuatan tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini.

Jacksen pun menegaskan bahwa anak asuhnya tetap fokus di laga ini dan tidak mengalami penurunan mental meskipun di 2 laga terakhir harus menelan kekalahan. “Jika melihat permainan kami saat melawan Arema, saya pikir sangat luar biasa walau ada 1 kesalahan yang berujung kekalahan. Begitu juga saat melawan PS TNI. Mental pemain tidak down, tidak ada yang terpukul dan wajar bila ada yang kecewa. Tetapi saya pastikan mereka akan tetap siap melawan SFC,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih SFC Oswaldo Lessa menyebut anak asuhnya siap bekerja keras guna meneruskan tren positif usai berhasil memenangkan pertandingan terakhir melawan Persiba Balikpapan (9/5) kemarin. “Kami harus cepat naik di klasemen, jika dapat poin penuh bisa menyodok ke papan atas. Dari pertandingan sebelumnya, SFC banyak mendapat pelajaran, karena saat bermain bagus justru tim tidak mendapat kemenangan. Besok kami harus tetap bermain bagus dan menang, ini penting dan akan kami persembahkan kepada suporter,” tegasnya.

Lessa juga menyebut bahwa dirinya juga akan sangat berhati-hati dalam menyusun starting eleven nantinya. “Melawan Barito, Beto kemungkinan akan absen. Soal rotasi sebenarnya saya jarang melakukannya karena tim ini harus butuh banyak bermain bersama-sama, kalau terus diganti maka kapan pemain akan saling mengerti. Jika bisa maka mungkin saya akan memasang tim yang sama di 17 pertandingan, tetapi tidak mungkin karena ada akumulasi, cedera atau panggilan timnas,” tambahnya.

Sementara itu, kapten tim SFC Yu Hyun Koo menyebut bahwa kondisi rekan-rekannya sudah pulih walau baru saja menjalani jadwal yang cukup padat di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. “Kondisi fisik sudah siap, tetapi saya melihat sektor mental harus lebih kuat lagi. Apalagi di laga kandang terakhir SFC kalah, oleh karena itu kemenangan di Malang kemarin sangat penting dan hasilnya meningkatkan kepercayaan diri pemain, kami akan siap saat melawan Barito nanti,” tambahnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain

SFC (4-3-3) Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando, Yu Hyun Koo, Nur Iskandar, Tijani Belaid, Hilton Moreira, Maldini Pali, Alberto Goncalves

Cadangan : Dikri Yusron, Firdaus Ramadhan, Indra Permana, Ichsan Kurniawan, Airlangga Sucipto, TA Mushafry, Yohanis Nabar, Manda Cingi

Barito Putera (4-3-3) : Sahar Ginanjar, N Nurzaidin, A Evans, Hansamu Yamma, Valentino Telaubun, Paolo Sitanggang, Syahroni, Rizky Pora, Douglas Packer, Matias Cordoba, Agi Pratama

Cadangan : Aditya Harlan, Ambrizal, F Nazarul, H Pranata, Fajar Handika, Yongi Aribowo, M Rifky, Gavin Kwan

Artikel Terkait