Usai meraih hasil positif di laga perdana kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 melawan Persib Bandung (30/4), skuad Sriwijaya FC langsung mengalihkan fokus dan bersiap menghadapi laga berikutnya menghadapi Persiba Balikpapan, Jumat (6/5) mendatang. Achmad Jufrianto dkk pun tidak kembali ke Palembang dan memilih tetap berada di Bandung untuk mempersiapkan diri menantang skuad Beruang Madu nantinya.

Kebijakan ini diakui manajemen laskar wong kito diambil dengan sejumlah pertimbangan. “Jeda antara laga pertama dan kedua ini cukup tanggung, bila kami pulang dulu ke Palembang maka dikhawatirkan para pemain akan mengalami keletihan di perjalanan. Jadi kami putuskan tetap berada di Bandung dan baru akan berangkat ke Balikpapan pada H-3 pertandingan atau Rabu (4/5) besok,” jelas sekretaris tim Achmad Haris saat dihubungi Minggu (1/5) sore.

Selain itu, pihaknya juga mengkhawatirkan akan mengalami kesulitan mencari lapangan untuk berlatih saat di Balikpapan sehingga memutuskan tetap berada di Bandung. “Di Bandung pilihan latihan untuk berlatih cukup banyak, itu yang menjadi pertimbangan pelatih meminta untuk bertahan disini lebih dulu. Kemungkinan Rabu (4/5) kita berangkat pagi, latihan sekali di Balikpapan sore harinya dan besok paginya melakukan uji coba lapangan resmi sebelum pertandingan,” tambahnya.

Sementara itu, pergantian pelatih di tim SFC juga membawa beberapa perubahan pola latihan pemain. Jika biasanya sehari setelah pertandingan seluruh pemain diliburkan, maka berbeda dengan gaya kepelatihan Widodo C Putro yang memilih tetap memberi porsi latihan kepada punggawa SFC. Seperti terlihat di lapangan Pusdipom Cimahi, Minggu (1/5) pagi dimana seluruh pemain tanpa terkecuali kembali mendapat porsi latihan dari tim pelatih.

Namun pemain yang bermain 90 menit mendapat porsi latihan yang lebih ringan dan hanya sekedar untuk recovery. Sementara pemain yang masuk dari bangku cadangan serta tidak bermain digenjot penuh selama 90 menit durasi latihan. “Kebijakan ini memang sengaja kita pilih dengan alasan agar para pemain pelapis atau yang tidak bermain kemarin melawan Persib kondisinya tidak terlalu timpang dengan pemain yang masuk dalam starting eleven,” jelas pelatih kepala SFC, Widodo C Putro saat dikonfirmasi.

Menurutnya, menghadapi Persiba Balikpapan pihaknya akan kembali melakukan persiapan yang sama seperti melawan Persib sebelumnya. “Kami akan menonton tayangan terakhir Persiba yaitu melawan Arema di tayangan televisi dan menganalisis kekuatannya. Cara seperti ini sangat efektif dan sudah kami lakukan saat melawan Persib lalu,” tambahnya.

Menurutnya, meski moral tim SFC secara keseluruhan meningkat pasca hasil positif melawan Persib lalu, namun dirinya tetap meminta anak asuhnya berkosentrasi penuh nantinya. “Tidak boleh menganggap remeh lawan, karena laga away dimanapun akan sangat berat. Yang jelas target kita jelas ingin meraih kemenangan di Balikpapan nantinya,” tegasnya.

Artikel Terkait