Tidak hanya di sektor pemain atau pelatih, evaluasi menyeluruh yang dilakukan Sriwijaya FC saat ini pun juga menyentuh sektor appareal. Bahkan besar kemungkinan untuk musim depan, laskar wong kito tidak akan menggunakan jersey Joma yang sudah mensuplai kebutuhan tim selama 2 musim terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan oleh asisten manajer SFC Achmad Haris saat dihubungi Minggu (13/12) sore. Menurutnya, pihaknya kini memang tengah menjajaki komunikasi dengan sejumlah appareal di tanah air untuk kerjasama kedepannya. Apalagi menurutnya, kontrak kerjasama dengan Joma memang sudah akan berakhir.

“Semuanya memang masih dalam pembicaraan, SFC menginginkan appareal terbaik untuk mendukung kebutuhan tim. Dan sudah ada beberapa yang menyatakan ketertarikannya, tidak hanya memberikan perlengkapan namun juga kucuran dana,” jelasnya.

Sejak mengikuti kompetisi pada musim 2005/2006, SFC sendiri tercatat 3 kali mengganti appareal. Produk lokal yakni Specs tercatat menjadi sponsor SFC di dua periode, yakni 2007-2010 serta 2010-2011, sementara Reebok mensuplai kebutuhan tim hanya semusim yakni pada era kepelatihan Ivan Kolev pada 2010-2011.

Sulitnya mencari produk original ditambah harga yang cukup tinggi memang membuat Joma, appareal asal Spanyol belakangan memang mendapat sorotan pecinta SFC. Harga 1 jersey original yang menembus harga hingga Rp 600 ribu memang sangat dikeluhkan dan menjadi kekecewaaan pecinta SFC

“Sebagai fans, tentu kami ingin membeli produk resmi klub termasuk jersey, namun harga tersebut sangat tergolong tinggi, bahkan diantara seluruh klub di Indonesia. Tentu kami kecewa, karena selama ini kami mendidik para anggota untuk membantu keuangan tim dengan membeli produk asli, tapi jika harga masih seperti itu maka akan sangat berat,” ujar ketua umum Singa Mania, Ariyadi Eko saat dimintai komentarnya mengenai hal ini.

Selain mensoroti masalah harga, dirinya pun berharap identitas jersey SFC kedepannya juga tetap mengusung kearifan lokal yakni dimasukkannya unsur songket kembali. “Dan itu pun seolah menjadi syarat tambahan, saat SFC menjadi juara hal tersebut selalu terpenuhi. Unsur songket di dalam jersey pun semakin menambah kesan elegan,” tegasnya.