Meskipun belakangan marak pemberitaan mengenai akan bergulirnya kembali kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2016, namun manajemen Sriwijaya FC mengaku belum mendapat pemberitahuan resmi mengenai hal terebut. Hingga saat ini manajemen PT SOM selaku pengelola laskar wong kito pun menyatakan belum mendapat undangan resmi dari PT Liga Indonesia selaku operator ISL.

“Kita memang baru sebatas mendengar dari media, sudah kami cek namun belum ada undangan dari PT Liga Indonesia terkait hal itu,” ujar sekretaris PT SOM, Faisal Mursyid saat dikonfirmasi Selasa (30/12) sore. Namun dirinya menyatakan tidak terlalu mempermasalahkannya karena memang pertemuan antara PT Liga Indonesia baru akan dilaksanakan pertengahan Januari mendatang.

“Katanya di minggu kedua Januari baru ada pertemuan antara klub ISL dengan PT Liga Indonesia, jadi sampai saat ini kami belum bisa berbicara banyak, namun sangat menyambut baik rencana tersebut dan berharap semua berjalan lancar nantinya,” harapnya. Dalam kesempatan tersebut, Faisal sendiri menyatakan di penghujung tahun 2016 ini pihaknya baru saja mendapat undangan secara resmi dari panpel Piala Gubernur Kaltim.

“Suratnya baru kita terima dan diteruskan ke manajer tim serta Presiden SFC. Apakah nanti akan diikuti tentu akan dibahas terlebih dulu,” tambahnya. Menurutnya, turnamen Piala Gubernur Kaltim sendiri direncanakan akan digelar di awal Februari mendatang dan diikuti oleh 12 klub. “Jadwalnya masih tentatif, pesertanya berasal dari 11 klub ISL dan 1 tim PON Kalimantan Timur,” jelas Faisal.

Pelaksanaan Piala Gubernur Kaltim sendiri mirip dengan turnamen Piala Jenderal Sudirman dimana 12 tim peserta akan dibagi dalam 3 grup (Samarinda, Tenggarong, Balikpapan). Juara plus runner up setiap grup akan otomatis lolos ke babak perempat final ditambah 2 tim yang menempati peringkat 3 terbaik di babak penyisihan.

Juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 Milyar, sementara runner up mendapatkan hadiah Rp 1 milyar, sedangkan peringkat 3 sebesar Rp 500 juta dan peringkat 4 kebagian Rp 300 juta. Selain itu, panpel Piala Gub Kaltim juga menyiapkan hadiah tambahan lain yakni penghargaan individu untuk pemain terbaik, pencetak gol terbanyak dan pemain muda terbaik.

sebelumnya, Presiden SFC Dodi Reza Alex sendiri menyatakan pihaknya siap mengikuti pelaksanaan turnamen di 2016 dengan syarat tidak berbenturan dengan pelaksanaan kompetisi yang tengah direncanakan serta sudah mendapatkan rekomendasi dari PSSI selaku induk olahraga tertinggi sepakbola di tanah air.