PALEMBANG — Misi besar diusung Sriwijaya FC saat menjamu Persiba Balikpapan, Selasa (29/8) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Poin penuh menjadi harga mati bagi skuad laskar wong kito dalam upayanya memperbaiki posisi di klasemen sementara.

Namun kemenangan atas tamunya juga mempunyai makna penting lainnya, yakni mengakhiri kutukan saat bermain di kandang sendiri. Terakhir, Alberto Goncalves dkk berhasil memberikan poin sempurna bagi pendukungnya di kandang sewaktu pekan 14 kala menjamu PS TNI (14/7) lalu.

Setelah itu, 4 laga kemudian SFC hanya mampu bermain imbang secara berturut-turut di stadion berstandar internasional ini. Praktis hal ini memicu semangat tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini untuk segera mengembalikan keangkeran stadion GSJ dan kebangkitan diharapkan dimulai saat menjamu Persiba Balikpapan nantinya.

“Tidak boleh ditawar lagi, jangan ada kesalahan seperti sebelumnya. Kami harus mempersembahkan kemenangan untuk publik dan pecinta sepakbola di Palembang. Para pemain sudah mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari kondisi, teknik maupun taktik,” ujar pelatih SFC, Hartono Ruslan saat sesi pre post match, Senin (28/8) sore.

Menurutnya, seluruh pemain pun bertekad untuk mengakhiri rentetan negatif di kandang selama ini. “Saya tekankan ke mereka untuk tenang, karena terkadang saat bermain di kandang sendiri mereka selalu terburu-buru dalam menyelesaikan peluang. Selain itu, penyakit SFC yang terkadang lengah dan hilang konsentrasi harus juga dihilangkan. Itu catatan penting saya jelang laga ini,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Persiba Hariyadi menolak anggapan bahwa tim lawan saat ini sedang berada dalam tekanan pasca tanpa kemenangan di 4 laga kandang terakhirnya. “Bagi saya SFC tetap tim yang bagus, kompetisi pun belum selesai sehingga terlalu dini menilai mereka sudah habis,” ungkapnya.

Justru di posisi seperti sekarang, pihaknya mengkhawatirkan SFC akan bermain menggila. “Kondisi ini sangat membuat kami waspada, jangan sampai mereka justru mendapat angin dan bangkit saat bertemu kami. Laga ini tidak akan mudah karena SFC pun pasti akan berupaya semaksimal mungkin guna mencari kemenangan,” tambahnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Dominggus Fakdawer, Gilang Ginarsa, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Tijani Belaid, Nur Iskandar, Yohanis Nabar, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Indra Permana, Bio Paulin, Slamet Budiono, Manda Cingi, Rahmad Hidayat, Rizky Dwi Ramadhana

Persiba : Dian Agus Prasetyo, Absor Fauzi, Yudi Khoerudin, J Lopes, Frengky Tornado, Siswanto, Srdan Lopicic, Gideon V Way, Maldini Pali, Sunarto, Anmar Almubaraki

Cadangan : Yoewanto Stya Beny, Okky Derry, Rasul, Henrico, Hendra Sandi, Ilham, Bijahil Calwa

Artikel Terkait