Palembang- Sejak Asian Games XVIII tahun 2018 dibuka tanggal 18 Agustus lalu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin setiap harinya selalu berada di kawasan olahraga Jakabaring Sport City (JSC). Selain memastikan Asian Games berjalan lancar, hampir setiap hari Gubernur Alex Noerdin mendampingi sejumlah pejabat tinggi negara yang datang ke Jakabaring untuk menyaksikan pertandingan Asian Games.
Bahkan, saat terjadi kebakaran kecil di lahan sekitar kawasan Jakabaring kemarin sore, Gubernur Alex Noerdin sedang berada di JSC dan langsung menuju lokasi kebakaran.
Di sana Alex mengharapkan kejadian tersebut tidak dibesar-besarkan karena selain sudah ditangani, kebakaran tersebut tidak berdampak pada cabang olahraga yang sedang bertanding.
“Dalam 15 menit regu pemadam sudah mulai bekerja. Jadi, tidak ada yang perlu di khawatirkan karena kita sudah terlatih untuk ini. Selain itu kita sudah mengambil langkah antisipasi untuk mencegah hal serupa terjadi lagi,” terang Alex.
Sementara itu, setelah kemarin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani datang ke Jakabaring, hari ini, Rabu (22/8) tepat pada hari raya Idul Adha Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian juga datang meninjau sejumlah venue Asian Games di JSC.
Kapolri Tito Karnavian bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan juga meninjau wisma atlet dan Dining Hall Jakabaring tempat makan para atlet dan official yang berkapasitas 2.000 orang makan sekaligus.
Dalam keterangan persnya, Kapolri menyebutkan sejak pembukaan sampai hari ini keamanan Asian Games sangat baik. Pihaknya tidak ada menerima laporan tindak kejahatan yang mungkin dialami 17 ribu atlet dan official Asian Games 2018.
“Khususnya di Palembang, pengamanan Asian Games lebih mudah dilakukan dibanding Jakarta karena di Palembang semua terkonsentrasi di komplek olahraga Jakabaring,” ungkap Kapolri.
“Palembang adalah tanah kelahiran saya dan tempat saya dibesarkan. Oleh karena itu saya akan terus mengontrol agar semuanya berlangsung dengan baik,” tegas Tito Karnavian.
Kunjungan Kapolri di JSC untuk mengetahui secara langsung sistem keamanan maupun tingkat keamanan pada hari ke lima Asian Games demi kenyamanan para atlet dan official selama berada di Palembang.
“Jadi bukan di Palembang saja kita tinjau,  Jakarta juga sudah lebih dahulu. Datang ke Jakabaring ini untuk melihat sistem keamanan yang ada di venue maupun penginapan para atlet serta masyarakat yang ingin masuk ke komplek Jakabaring,” ujarnya.
Kapolri menjelaskan, baik Palembang dan Jakarta pihaknya menargetkan pada perhelatan Asian Games 2018 kali ini yakni, zero incident. Baik itu dari kejahatan konvensional, jalanan, copet, pencurian, sekaligus teroris, dan lain-lain.
Menurutnya, semua sudah diantisipasi dengan baik seperti, sebelum perhelatan tepatnya dalam tiga bulan terakhir sudah lakukan operasi khusus, mulai dari premanisme hingga terduga teroris sudah diamankan.
“Pos keamanan dimana-mana, bukan hanya di venue, tapi 29 hotel, serta tempat umum lainnya, semoga semua tamu merasa nyaman di Indonesia,” pungkasnya. (adv)

Artikel Terkait