PALEMBANG — Setelah memastikan Hartono Ruslan sebagai asisten pelatih Sriwijaya FC, manajemen laskar wong kito terus melakukan pembenahan dengan mendatangkan beberapa nama lainnya di sektor kepelatihan. Saat melakoni laga uji coba di Cilegon, setidaknya 2 nama sudah turut bergabung mendampingi Osvaldo Lessa yang didapuk sebagai pelatih kepala.
Yang pertama adalah Claudio de Jesus, eks pemain Arema Malang di musim 2003-2005. Pelatih asal Brasil ini ikut membawa Singo Edan promosim ke Divisi Utama dan dua kali jadi juara Copa Indonesia.
Setelah pensiun, sebenarnya pria 40 tahun ini turut menjadi asisten pelatih Persipura Jayapura saat juga diarsiteki oleh Osvaldo Lessa. Meski berasal dari negeri Samba, namun Claudio sendiri sudah lama tinggal di Indonesia. “Saya memang tinggal di Malang karena anak dan istri memang di kota ini. Kemarin sewaktu Lessa menerima tawaran di SFC, saya kembali dimintanya untuk membantu seperti saat di Persipura dulu,” jelasnya.
Di SFC sendiri, Claudio saat ini akan diberi tanggung jawab untuk membantu pelatih dalam proses pemulihan pemain yang tengah cedera. Apalagi saat ini setidaknya 3 pemain masih belum bisa turun bermain karena tengah cedera yakni Bio Paulin, Ahmad Maulana Putra dan Ichsan Kurniawan.
“Kemarin saya sudah komunikasi dengan pemain yang tengah cedera, menurut saya mereka sudah terlalu lama beristirahat. Kini saya targetkan agar mereka cepat pulih, karena itu meski kemarin tim beruji coba, Ichsan dan Maulana tetap ikut latihan di pinggir lapangan,” tambahnya.
Sementara 1 nama lainnya yang juga sudah bergabung ke tim kepelatihan SFC adalah Hery Susilo, prajurit aktif TNI yang juga pernah menjadi pelatih kiper SFC di era kepelatihan Subangkit. Namun meski memiliki lisensi pelatih kiper, manajemen SFC menyebut masih membuka peluang untuk memulangkan kembali Hendro Kartiko sebagai pelatih Teja Paku Alam dkk  di bawah mistar gawang.
“Sama seperti Hartono Ruslan, Hery Susilo kita rekrut karena sudah sangat mengenal tim SFC dan kami harapkan dapat menjembatani ruang antara manajemen dan para pemain. Minggu depan, pelatih fisik asal Brasil baru akan bergabung dengan tim saat selesai melakoni uji coba di Lampung,” ujar sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dihubungi Kamis (29/3) sore. (Dedi)

Artikel Terkait