Jakarta: Puluhan pemuda Indonesia-Australia duduk berbaris dipinggiran lapangan Kemenpora, Jakarta Jumat (25/1). Mereka melakukan berbagai gerakan tangan. Sambil bernyanyi, badan mereka juga kompak naik-turun. Gerakan yang dilakukan itu adalah tarian Ratoh Jaroe.
Mereka menari untuk menyemangati rekannya yang tengah bermain futsal bersama staf pada Kemenpora. Namun, Menpora Imam Nahrawi yang berada didalam kantor tiba-tiba keluar dan menghampiri para staf Kemenpora hingga penari.“Hai, apa kabar. Ayo-ayo dilanjut,” sapa Menpora kepada staf Kemenpora dan juga para penari.
Belasan pemuda Indonesia-Australia yang disapa Menpora lalu tampak begitu semangat. Mereka mengencangkan suaranya untuk bernyanyi sambil menari. Mereka terlihat kompak. Melihat itu, Menpora merasa penasaran seterusnya duduk mengikuti gerakan tarian asal Aceh tersebut. Dibawah terik matahari, Menpora mencoba untuk mengikuti gerakan penari. Menteri asal Bangkalan ini tampak begitu semangat dan semringah.
Salah seorang yang mengikuti tarian Ratoh Jaroe, Rizka Suhani (22) mengatakan, tarian ini lebih banyak menggerakkan tangan. Lalu, dikombinasikan dengan gerakan badan naik-turun.“Tarian tadi ditampilkan oleh pemuda Indonesia-Australia. Ada dua orang tadi yang menjadi penyanyinya, dan seorang yang menabuh alat musik. Tadi memang menari untuk memberi semangat kepada teman kami yang main futsal,” ujar Rizka yang juga peserta dari Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) ini.
Lebih lanjut, Rizka menerangkan, dirinya bersama rekan-rekannya sering menampilkan tarian Ratoh Jaroe ketika mereka diundang di institusi, sekolah, maupun di pemerintahan.“Kita sudah dua bulan berlatih bersama. Biasanya, kita tampil di institusi, sekolah, dan pemerintah. Tidak ada kesusahan ketika bergabung dengan pemuda Australia. Paling kita meningkatkan komunikasi saja,” tutupnya. (Red/ril)

RelatedPost