PALEMBANG — Meski hanya sehari, namun tim pemantau seleksi timnas U19 wilayah Sumbagsel mengaku mendapatkan beberapa pesepakbola muda berbakat yang nantinya akan dibawa ke tingkat nasional. Setidaknya 3-4 pemain disebut punya peluang untuk bersaing di seleksi lanjutan yang akan digelar di Jakarta, 11-12 Maret mendatang.
Seleksi di Palembang sendiri tidak hanya diikuti oleh pemain dari wilayah Sumsel, namun juga utusan dari Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung. “Seleksi di Palembang ini memang statusnya masih lokal dan sedikit terlambat dibanding daerah lain, namun kami tetap memberikan kesempatan, sejauh ini berjalan cukup baik lalu sekitar 3-4 pemain bisa direkomendasikan untuk mengikuti tahap lanjutan,” jelas Guntur Cahyo Utomo, staf pelatih timnas U19 yang bertugas memantau seleksi di Palembang saat ditemui di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Kamis (9/3) sore.
Menurutnya, pihaknya sengaja menggelar seleksi selama 2 sesi yakni pagi dan sore untuk lebih mengetahui kemampuan peserta yang berjumlah 48 orang ini. “Di pagi hari mereka belum maksimal, walau secara umum cukup baik. Karena itu kembali kami pantau saat game internal di sore harinya,” tambahnya.
Diakuinya, peserta asal Palembang ini akan berkumpul di Jakarta dan bersaing dengan 3 kota lainnya di Indonesia tang menggelar seleksi serupa yakni Pekanbaru, Surabaya dan Makassar. “Seleksi seperti ini yang membuat coach Indra Sjafri tidak bisa hadir di Palembang sekarang, karena di waktu yang bersamaan beliau memantau seleksi nasional yang sedang berlangsung di Pekanbaru,” jelasnya.
Sementara itu, Kabid Pembinaan Asprov PSSI Sumsel, Bambang Suprianto mengaku pihaknya memang sangat peduli dengan pembinaan pemain muda serta mensupport penuh program timnas Indonesia. “Alhamdullilah seleksi berjalan lancar, namun kami cukup kecewa karena ketidakhadiran coach Indra Sjafri karena di daerah lainnya seperti Papua atau NTT beliau bisa datang. Lalu di surat awal kemarin juga diminta untuk menyiapkan tim untuk latih tanding, dan kami langsung mengumpulkan pemain terbaik dari seluruh kabupaten-kota di Sumsel, namun entah kenapa baru pas semalam sebelum seleksi rencana tesebut dibatalkan,” ungkapnya.
Dari hasil seleksi ini, 10 pemain dinyatakan lolos ke seleksi selanjutnya, namun untuk posisi penjaga gawang masih belum dapat diputuskan karena harus mendapat persetujuan dari pelatih kiper timnas terlebih dulu.
Berikut daftar pemain yang lulus seleksi timnas U19 wilayah Sumbagsel
Alfin (Sumsel)
Dedi (Sumsel)
Rian (Sumsel)
Fajri (Babel)
Asharudin (Babel)
Iqbal Mediawan (Jambi)
M Syarif (Jambi)
Martha (Jambi)
Ahmad Irfan (Bengkulu)
Dendi Saputra (Bengkulu)

Artikel Terkait