PALEMBANG — Sebanyak 18 mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) wilayah II.

Ketua Kopertis wilayah II, Slamet Widodo mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencari bibit berprestasi dan akan dikirim ke tingkat nasional.

“Setiap PTS mengirim masing-masing mahasiswanya. Dari kegiatan ini akan kita ikuti seleksi untuk mewakili kopertis wilayah II ke tingkat nasional,” ungkapnya disela kegiatan Pilmapres, Kamis (16/03).

Widodo menyebutkan dari 217 PTS yang ada di kopertis wilayah II, ada 18 PTS yang mengirimkan wakilnya untuk mengikuti seleksi Pilmapres. “Artinya banyak PTS yang belum meyiapkan mahasiswanya dan ini juga terkendala dengan bahasa inggris. Padahal dengan ikut ajang ini banyak sekali peluang yang didapatkan, seperti melanjutkan ke jenjang S2 dan itu ada beasiswanya,” kata dia.

Sementara itu, salah satu peserta pilmapres mahasiswa Fakultas kesehatan masyarakat Jurusan kesehatan masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung, Nova Nur Azia mengungkapkan, untuk mengikuti kegiatan Pilmapres, dirinya hanya bermodalkan pengalaman saja serta persiapan mental.

“Kita diberi waktu selama tiga hari untuk menyiapkan kegiatan ini, mulai dari membuat karya tulis ilmiah (KTI), video presentasi, dan makalah,” kata dia.

Untuk ikut Pilmapres, jelasnya, setiap fakultas mengirim masing-masing mahasiswanya. “Kita dipilih langsung dari kampus, setiap fakultas mengirim 3 mahasiswanya, dan dipilih 2 untuk ikut pilmapres,” tukasnya. (juniara)

Artikel Terkait