laskarwongkito.com — Rabu (15/11) Presiden SFC, Dodi Reza sedang berada di stadion Nou Camp Barcelona untuk penjajakan kerjasama dengan klub raksasa asal Spanyol ini. Beberapa program yang akan dijalin diantaranya adalah pengembangan pemain muda SFC, peningkatan kualitas pelatih SFC, sport science, kerjasama di bidang marketing dan penyelenggaraan laga persahabatan.

Hal ini disampaikan Dodi Reza saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (15/11) siang. Menurutnya, sejak tahun lalu pihaknya memang sudah secara intens melakukan komunikasi dengan klub asal Catalunya ini.

“Setelah melalui beberapa kali korespondensi, kerjasama ini akan segera kita mulai dan penandatangannya langsung dilakukan di kantor Barcelona di stadion Nou Camp,” jelasnya.

Nantinya, beberapa pemain muda berbakat dan dinilai mempunya kualitas mumpuni akan mendapat kesempatan untuk berlatih secara langsung di La Masia, akademi sepakbola milik Barcelona yang sudah melahirkan pemain kelas dunia seperti Andreas Iniesta, Xavi Hernandes atau Lionel Messi.

“Kita juga akan mengadakan friendly match, jika memang tidak memungkinkan mendatangkan pemain utamanya, kita berharap Barcelona dapat diwakili duta klubnya seperti Carles Puyol, mantan pemain sekaligus legenda klub mereka untuk datang langsung ke Palembang guna memberikan coaching clinic sekaligus bermain bersama legenda SFC nantinya,” tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel yang juga merupakan pembina SFC, Alex Noerdin menerima Delegation of the European Union to Indonesia, Rabu (16/12/2015) lalu dan mengungkap rencana awal kerjasama ini di Palembang. “Jadi selain berinvestasi di pelabuhan Tanjung Api-Api melalui Dubai Port, mereka berminat untuk bekerja sama di bidang olahraga melalui SFC,” jelas Alex.

Menurut Alex bentuk kerjasama yang sudah dijajaki adalah pelatihan secara langsung dari manajemen Barcelona bagi pemain dan pelatih asal Sumsel. “Mungkin akan dilaksanakan di Palembang untuk lebih menghemat biayanya. Namun, kerjasama tidak hanya sekedar itu saja,” ungkapnya.

Pengiriman pemain muda berbakat untuk mengikuti trial atau training camp selama beberapa waktu di Spanyol juga menjadi sasaran. Pendirian akademi Barcelona juga menjadi salah satu pembicaraan di dalam pertemuan tersebut. (dedi)

RelatedPost