Laskarwongkito.com  – Apa jadinya, jika dalam kondisi kritis, orang butuh bantuan donor darah. Apa jadinya, jika dalam kondisi peperangan, tidak ada satupun badan yang dapat dianggap netral untuk memberikan bantuan medis dan kemanusiaan lainnya? Maka, manusia tidak beranjak dari ke-akuannya, dan tak lebih baik dari binatang yang berkulit manusia. Kita bersyukur dengan adanya organisasi nirlaba Palang Merah.

Setiap tahun Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah memperingati Hari Palang Merah sedunia yang jatuh pada 8 Mei. Di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai Perhimpunan Nasional, turut memperingati hari kelahiran Bapak Palang Merah, Jean Henri Dunant atau lebih dikenal dengan Henry Dunant.

(sumber foto: blogspot.com)

Henry Dunant sendiri adalah pengusaha dan aktivis sosial Swiss. Beliau menginsipirasi pembentukan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863. Atas gagasan dan ide cemerlangnya, Dunant menerima Penghargaan Nobel Perdamaian pertama bersama dengan Frederic Passy pada tahun 1901.

Di tahun 2017, peringatan mengangkat slogan global “Everywhere for Everyone” (Di manapun untuk Siapa pun). Slogan ini memiliki arti bahwa organisasi Palang Merah berada di mana-mana untuk membantu siapapupun. Tanpa melihat perbedaan suku, agama, gender, suku, atau pandangan politik.

Slogan tersebut juga mengandung makna kepada siapapun untuk dapat membantu siapa saja. Oleh karenanya, PMI mengangkat tema #KitaSiapBantu dalam peringatan kali ini, untuk memotivasi dan mengajak siapapun bahwa siapapun bisa dan siap membantu orang lain. Tema yang juga menjadi mandat tugas PMI ini juga bertujuan untuk mengangkat kembali rasa kepedulian di tengah masyarakat.

Hari ini Organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit tepat telah berusia 154 tahun sejak didirikan. Dan organisasi ini terus berkembang dan sangat membantu di Indonesia. Saat ini Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) diketuai oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla sejak tahun 2009 dan kini adalah periode keduanya dari 2014 hingga tahun 2019.

Selamat Ulang Tahun Palang Merah Sedunia yang ke 154! (red/dil)

Artikel Terkait