Palembang – Sekda Sumatera Selatan H. Nasrun Umar membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018 di Auditorium Bina Praja, Kamis (5/4).
Forum OPD dan Rakortek Prov. Sumsel tahun 2018 merupakan wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.
Dalam kesempatan ini, Sekda menyampaikan perkembangan Prov. Sumsel yang sangat dinamis dan progresif, menuntut sebuah proses perencanaan yang mampu menjawab tantangan terkini serta mampu menyesuaikan dengan keterbatasan anggaran, yang mengharuskan penyusunan skala proritas dalam perencanaan.
Lanjutnya lagi, sebagaimana arahan Bapak Gubernur pada tanggal 7 Maret 2018 yang lalu di Griya Agung Palembang telah menetapkan Arah Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019, dengan 4 (empat Prioritas Daerah dan 15 (lima belas) Program Prioritas.
“Prioritas daerah ini diturunkan ke dalam Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah, yang secara komprehensif disusun akan membentuk Integrated Development Plan (IDP) dalam RKPD tahun 2019,” ujarnya.
“Dengan demikian diharapkan tidak ada Prioritas Daerah yang tidak teranggarkan, dan kegiatan yang tidak dapat dianggarkan. Tidak semua OPD memiliki keterkaitan dan tanggung jawab untuk mencapai prioritas-prioritas Daerah. Hal ini tentu saja sejalan dengan konsep money follow Program Prioritas dan Program follow result,” lanjutnya.
Nasrun menjelaskan, forum ini menjadi sangat strategis karena menjadi media untuk tema-tema pembangunan di Sumatera Selatan yang sesuai dengan masalah dan isu strategis, yang kemudian dibahas dan dianalisa secara menyeluruh, dan akan dibiayai dengan pola penganggaran yang terintegrasi baik dari APBD, APBN dan sumber lain dan juga aspek kewilayahan (spasial).
Adapun Prioritas Daerah Provinsi Sumsel tahun 2019 yaitu; Pembangunan Manusia Berkualitas, Pengurangan Kesenjangan Wilayah, Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Berbasis Green Growth dan Stabilitas Keamanan dan Pemantapan Reformasi Birokrasi.
Kepala Bappeda Prov. Sumsel Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM, M. Kes melaporkan bahwa penyelenggaraan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan penyusunan RKPD tahun 2019.
“Diharapkan pada kegiatan ini dapat menyepakati program lintas OPD se-Sumsel dan didanai melalui APBN yang telah dibahas di Yogyakarta pada waktu lalu,” lanjutnya.
Kegiatan ini dilaksanakan guna membahas Rancangan Awal RKPD tahun 2019 antara Pemprov Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumsel serta Pemerintah Pusat/Instansi Vertikal yang memuat Prioritas Pembangunan Daerah dan Prioritas Pembangunan Nasional, Rencana Kerja dan Pendanaannya.
“Forum OPD dan Rakortek Sumsel tahun 2018 bertujuan untuk penyelarasan Program dan Kegiatan antar OPD Sunsel dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pecapaian sasaran sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD.
Selain itu, untuk penyelarasan APBN OPD Prov. Sumsel dengan Prioritas Nasional dan Prioritas Daerah,” jelasnya.
Forum OPD dan Rakortek tahun 2018 diselenggarakan selama 2 hari dengan agenda membahas empat Prioritas Daerah di Bappeda Prov. Sumsel.
Turut hadir Staf Ahli Prov. Sumsel, Kepala OPD lingkungan Pemprov. Sumsel, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Lembaga Keuangan dan Perbankan, Kepala BUMD dan Akademisi dan Kepala Bappeda dan Kepala OPD Kabupaten/Kota se-Sumsel. (win)

Artikel Terkait