JAKARTA – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar menghadiri Sosialisasi Anugerah Paritrana tahun 2018 dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tahun 2018, yang dibuka langsung oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Ellyas Lubis di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (12/10).
Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris daerah Kalimatan Timur, Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Plh Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Sekretaris Daerah Riau.
Kemudian hadir pula Ketua Tim Penilai Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Anggota Tim Penilai Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2018, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan, Assisten Deputi Bidang Analisis Strategis dan Komunikasi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Assisten Deputi Bidang Penghargaan dan Pengendalian Program JKK-JK BPJS Ketenagakerjaan.
Dalam kesempatan yang sama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, mengatakan pentingnya peran Pemda dan perusahaan dalam implementasi program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini sudah sepantasnya diberi penghargaan tertinggi. “Seperti pada Agustus lalu, penganugerahan Paritrana ini diberikan langsung kepada Pemda dan perusahaan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden”, tutur Ilyas.
Dirinya menambahkan bahwa pada tahun 2019 mendatang, kategori penghargaan yang akan diperebutkan antara lain penghargaan kepada Pemerintah Provinsi terbaik, Pemerintah kota/kabupaten terbaik, Perusahaan besar, perusahaan menengah, serta 34 Usaha Kecil-Mikro yang mewakili setiap provinsi.
Kegiatan sosialisasi penganugerahan Paritrana ini merupakan kali ke dua setelah sebelumnya telah dilakukan pula di Surabaya kepada para stakeholder. Sosialisasi kali ini dihadiri oleh 18 provinsi, dimana dari keseluruhan peserta yang hadir, 12 di antaranya langsung dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda). “Ini menunjukkan komitmen Pemda untuk semakin serius terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja di wilayah masing-masing,” tukas Ilyas.
“Tujuan dari penganugerahan Paritrana 2019 ini tidak lain adalah untuk membangun kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dan memperluas cakupan kepesertaan melalui dukungan Pemda, perusahaan, dan stakeholder lainnya. Penghargaan ini diharapkan akan menumbuhkan semangat dan fokus semua pihak dalam implementasi program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” pungkas Ilyas. (Adv)

Artikel Terkait