PALI — Budayakan hidup sehat,TP PKK dan Dinas Kesehatan kabupaten PALI meluncurkan program unggulan yakni Stop Mising Sembarangan (SMS) bertepatan juga dengan hari jamban sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (19/11).

Lounching program SMS ini dipusatkan di lapangan sepakbola Sumberrejo kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi, yang dihadiri Plt Sekda PALI Robby Kurniawan, ketua TP PKK PALI Hj Sri Kustina melalui wakil ketua II Rizky Aryanti,kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Eni Zatila dan wakil ketua DPRD PALI Devi Haryanto juga beberapa kepala SKPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten PALI.

Robby Kurniawan dalam sambutannya sangat mendukung program ini dan dirinya ikut bangga karena program SMS yang digagas ketua TP PKK PALI diadopsi oleh Pemprov Sumsel.

“Sekarang ini program SMS bukan lagi hanya di PALI,namun seluruh Kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan menggunakan program ini.Tidak buang hajat sembarangan dengan memiliki jamban bersih dan sehat adalah sangat penting untuk mengangkat derajat kesehatan manusia,melalui program SMS ini mengajak dan membantu masyarakat memiliki jamban serta kloset yang layak,” beber Sekda.

Sementara Rizky Aryanti mewakili ketua TP PKK menjelaskan bahwa pentingnya memiliki jamban serta kloset sebagai wujud menerapkan hidup sehat.

“Rata-rata penduduk yang belum memiliki kloset adalah masyarakat golongan menengah kebawah.Dengan diluncurkannya program SMS,kami mengajak dan membantu masyarakat seluruh lapisan untuk memiliki tempat membuang hajatnya yang bersih dan layak,” ungkap istri Robby Kurniawan ini.

Ditempat sama, dr Eni Zatila mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain bertepatan dengan hari jamban sedunia,juga memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52, yang selalu diperingati tanggal 12 Nopember.

“Kami mengajak seluruh masyarakat PALI pada HKN ke 52, agar menerapkan budaya sehat dimulai dari sekarang. Salahsatunya jangan buang hajat sembarangan, atau Stop Mising Sembarangan (SMS). Awalnya kata itu dipermasalahkan karena terlalu vulgar, tetapi dengan kata itu, kita bisa mensosialisasikan langsung ke masyarakat dan sekarang diadopsi oleh Pemprov,” jelasnya.

Usai acara tersebut, Sekda PALI diajak memasang kloset disalahsatu rumah warga sebagai lounching SMS dimulai dan menempelkan stiker serta membagikan piala terhadap warga serta Desa yang telah menorehkan prestasi tentang kesehatan di tingkat provinsi maupun Nasional.

Selain meluncurkan program SMS,TP PKK dan Dinkes PALI mengajak masyarakat untuk membudayakan makan buah sebagai pelengkap makanan sehat. (yudhi)

RelatedPost