Palembang – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Nasrun Umar membuka kegiatan Fasilitasi Pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP) Daerah di Batiqa Hotel Palembang, Senin (6/11). Melalui kegiatan ini, Nasrun Umar mengharapkan pemuda makin mudah mengakses sumber-sumber permodalan.

Di samping itu, lanjut Nasrun pengembangan kewirausahaan pemuda merupakan salah satu prioritas dalam pengembangan kepemudaan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Sedangkan tujuannya adalah mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian wirausaha pemuda, sehingga mampu meningkatkan pemuda dalam bidang ekonomi. “Saya ingin pemuda Sumsel bangkit menjadi salah pemuda terbaik di Indonesia,”sambungnya.

LPKP berfungsi memfasilitasi akses permodalan bagi wirausaha muda pemula untuk memulai usaha. LPKP daerah dipandang cukup strategis untuk segera dibentuk mengingat minat pemuda berwirausaha di tingkat Provinsi dan kabupaten/kota dalam beberapa tahun ini cukup membanggakan. “Saya atas nama pribadi dan Pemprov Sumsel mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI yang telah melaksanakan Workshop ini, semoga workshop ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia LPKP Toni Poniman melaporkan tujuan kegiatan ini yaitu untuk memfasilitasi keinginan daerah untuk membantu lembaga permodalan kewirausahaan pemuda. Seperti yang sudah diamanatkan dalam undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan,  pasal 51 ayat 3 yang menyebutkan dalam hal akses permodalan untuk mendukung pengembangan kewirausahaan pemuda pemerintah membentuk LPKP.

Lanjutnya, LPKP cukup strategis untuk segera dibentuk mengingat minat pemuda berwirausaha di berbagai pelosok tanah air sangat menggembirakan. Oleh karena itu, Pemerintah harus mampu merintis lahirnya pemuda-pemuda yang berjiwa usaha. “Jadi LPKP merupakan salah satu upaya memfasilitasi kebutuhan pemuda untuk mengembangkan usahanya,”tutupnya.

Hadir pada kesempatan ini Anggota DPR RI Komisi X Sri Meliyana, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal serta para peserta LPKP Daerah. (rill)

Artikel Terkait