PALI — Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Robby Kurniawan, SStp MSi melepas keberangkatan 50 peserta Wawasan Kebangsaan ke dua negara, Malaysia dan Singapura, Selasa sore (4/10).

Pelepasan dilakukan di halaman Kantor Bupati PALI, di jalan Merdeka Km 10 kelurahan Handayani Mulya dengan dihadiri Asisten III Setda PALI beserta kepala-kepala bagian di ruang lingkup Sekretariat Daerah (Setda) PALI.

Dalam keterangannya, kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten PALI Drs. Darmawi, MSi selaku leading sektor pelaksanaan wawasan kebangsaan tersebut menuturkan bahwa kegiatan yang dimulai hari Selasa itu diikuti oleh pemuda-pemuda berprestasi di Bumi Serepat Serasan.

“33 peserta merupakan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) kabupaten PALI tahun 2016, kemudian ada dua pemuda prestasi seperti Juni yang merupakan Juara Pidato tingkat Provinsi, dan Ringgo Juara Taekwondo tingkat Nasional pada kejuaraan taekwondo di Jakarta beberapa waktu lalu,” terang Darmawi.

Darmawi juga menambahkan untuk sisanya merupakan pelatih serta panitia pendamping ketika study wawasan kebangsaan berlangsung.

“Kita ingin mengenalkan kepada pemuda-pemudi yang ada di PALI mengenai kemajuan di Malaysia dan Singapura. Padahal dahulu, Malaysia dan Singapura tertinggal dari Indonesia, tapi sekarang dua negara tersebut bisa dikatakan negara makmur di Benua Asia,” tambah mantan Camat Talang Ubi itu seraya mengatakan berharap agar peserta wawasan kebangsaan bisa mengambil iktibar dan bisa diterapkan di Kabupaten PALI.

Sementara itu, dalam sambutannya Robby Kurniawan berpesan kepada seluruh peserta wawasan kebangsaan agar menjaga nama baik kabupaten PALI.

Tidak hanya itu, mantan Plt. Bupati OKU Selatan ini juga menginginkan agar para peserta wawasan kebangsaan mengambil pelajaran di dua negara tersebut.

“Pemuda sebagai generasi penerus merupakan penyambung estapet jalannya pemerintahan. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri kalian, bekali diri kalian dengan ilmu pengetahuan dan kreativitas. Karena kita harus siap menjadi manusia yang siap bersaing,” pesan Sekda kepada peserta wawasan kebangsaan.

Robby berharap kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta.

“Kalian bukan hanya jalan-jalan, tapi kalian memiliki misi khusus bagaimana bisa mengambil pelajaran dan menambah wawasan kalian. Karena di dua negara tersebut sangat menjunjung tinggi disiplin serta perkembamg iptek yang patut kita tiru. Itu yang harus jadi tugas kalian,” pungkasnya.

Terpisah, Fatimah ibu orang tua dari salahsatu anggota paskibra kabupaten PALI yang berasal dari Desa Betung Kecamatan Abab mengaku bangga bisa mewakili PALI mengikuti study wawasan kebanggaan di dua negara tetangga.

“Terimakasih Pak Heri atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami,” Ujar Fatimah yang turut melepas keberangkatan di halaman kantor Bupati PALI. (adv)

RelatedPost