Palembang – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 di Halaman Kantor Gubernur Sumsel dipimpin langsung Sekda Nasrun Umar yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Jumat (17/8). Kegiatan ini dihadiri Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Sumsel.
Menurut Sekda Nasrun Umar, pada tanggal 17 Agustus semua masyarakat Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan yang ke 73.
“Hari yang bersejarah, tak pernah dilupakan, selalu dikenang, diperingati, karena mulai tanggal, bulan dan tahun tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkaraman penjajah yang menindas hak azasi manusia bangsa Indonesia waktu itu,”terang Nasrun.
Dia menilai, Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini memiliki makna yang sangat luar biasa. Di usia yang ke 73 tahun ini bertepatan pula diselenggarakannya Asian Games ke 18 yang secara resmi akan dibuka besok pada tanggal 18 Agustus 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta.
“Sungguh ini merupakan hal yang luar biasa bagi negara ini, di mana Indonesia tepatnya Kota Jakarta dan Palembang ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara pesta olahraga se-Asia yang dikuti sebanyak 45 negara,”ujar Nasrun Umar.
Tentunya dengan ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah jelas membawa keuntungan tersendiri, terutama dalam hal pengembangan olahraga serta peningkatan prestasi bagi para atlet-atlet di tanah air.
Hal ini juga, kata Nasrun merupakan salah satu wujud dalam mengisi kemerdekaan bangsa dengan cara hidup sehat melalui olaharga. “Sisi lain dari perhelatan Asian Games ini, diantaranya kita dapat memperkenalkan berbagai budaya yang kita miliki beserta keindahan alam serta obyek-obyek wisata lainnya,”tuturnya.
Bertepatan di usia yang ke-73 bangsa Indonesia, Sekda Nasrun Umar mengajak para ASN lingkungan Pemprov Sumsel untuk mempunyai rasa tanggung jawab dan sebagai tulang punggung pembangunan.
“Artinya kita harus punya tanggung jawab, ketika usia 73, kita harus mampu meletakan dasar-dasar bagaimana ASN sebagai tulang punggung pembangunan Republik Indonesia. Dan harus mampu menempa dirinya sehingga sesuai dengan kemampuan dirinya dibandingkan waktu yang sekarang dan zaman sekaran sehingga bisa mengejar ketertinggalan pembangunan yang selama ini kita alami dari bangsa-bangsa lain yang lebih maju terlebih dahulu,”katanya.
Dia berharap para ASN harus rajin, berintegritas, harus tanggung jawab dan menggali potensi-potensi diri dengan melihat situasi dan kondisi sehinhga dapat dipenuhi semua kelengakapan dalam mengejar ketertinggalan seperti yang dikatakan tadi.
Di akhir sambutanya, Sekda Nasrun Umar mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada ASN di lingkungan Pemprov Sumsel. “Saya menilai Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia telah dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib. Kedepan inilah cermin ASN, dengan disiplin Insya Allah tugas dan amanah dapat kita jalankan dengan sebaik-baiknya,”tutupnya.

Artikel Terkait