PALI — Giog Rahmatullah, pelajar SMAN 2 Unggulan Talang Ubi Kabupaten PALI menambah catatan panjang pelajar yang diberangkatkan Pemkab PALI  untuk study tour ke Singapore. Keberangkatan Giog merupakan hadiah atas keberhasilannya memenangkan Lomba Menulis Feature yang mrnjadi rangkaian lomba dalam Smandalan Solidarity Games (SSG).

Melalui tulisan berjudul “Lentera Itu Kini Sampai Ke Spantan Jaya” menyisihkan 62 peserta lainnya yang berasal dari SLTA se-kabupaten PALI.

Keberhasilan Giog ini menambah deretan pelajar yang akan mendapat hadiah untuk study tour ke luar negeri yang menjadi agenda rutin Pemkab PALI. “Sudah menjadi rutinitas tahunan, Pak Bupati Heri Amalindo memberikan reward kepada pelajar berprestasi berupa study tour atau umroh. Ini dimaksudkan untuk memacu semangat para pelajar PALI untuk berprestasi lebih tinggi lagu” kata Kepala Dinas Pendidikan Drs Abu Hanafiah, seusai menutup SSG di halaman SMAN 2 Unggulan Talang Ubi, senin (6/3).

Giog sendiri tidak menyangka bila dirinya mampu memenangkan hadiah tersebut. “Saingannya banyak kak. Semula hanya mencoba menulis feature seperti yang diajarkan guru bahasa kami, ibu Dewi. Sekaligus mengenalkan desa kami melalui tulisan” ujar Giog.

Melalui tulisannya, Giog menceritakan kondisi desanya yang terpuruk akibat akses jalan terputus dan gelap gulita karena belum dialiri listrik. Setelah Bupati Heri Amalindo melakukan cor beton terhadap jalan menuju desanya sekaligua mengaliri listrik, Giog mengungkapkannya melalui tulisan feature.

Dewan Juri yang terdiri dari Indra Setia Haris (Penulis/staf humas Pemkab PALI), Guntur Alam (Novelis), Anasrul Dwi Noviansyah (wartawan) dan Nani Hartati (Akademisi) menetapkan Tulisan tersebut sebagai pemenang.

Berikutnya yang memenangkan lomba tersebut adalah Eris Susan (Desa Terpuruk Kini Mulai Maju), Meli Asma Desti (Impian Masa Kecil Terwujud Saat Ini), Cici Krisnawati (Sungai Abab dan Jembatan Talang Pipa), Esti Priani (Suatu Sore Di Jembatan Rejosari) dan Mey Randa (Berharap Lebih Pada Orang Orang Diatas)

Selain menggelar Lomba Penulisan Feature, SSG yang digelar oleh SMAN 2 Unggulan Talang Ubi tersebut juga menghelat Lomba Penulisan Cerpen, Lomba Story Telling, Lomba Speech Contest, Lomba Mading Tiga Dimensi, Lomba LTBB, Lomba Modern Dance, Lomba Cerdas Cermat Matematika, LCC IPS dan Lomba Menulis Puisi.

Selain itu digelar pula Kejuaraan Futsal, Volley Ball dan Basket Ball.

Sedikitnya tercatat 1237 siswa terlibat sebagai peserta yang berasal dari seluruh SLTA se-kabupaten PALI dan beberapa SLTA dari Kab Muara Enim dan Kota Prabumulih.

“Kegiatan seperti ini akan kita gelar setiap tahun, sebagai ajang siswa berlatih berorganisasi, melatih bekerja dalam tim sekaligus sebagai ajang mengukur prestasi siswa” ujar Kepala Smandalan Irwansyah Muchid SPd.

Sementara itu, Bupati PALI Heri Amalindo mengungkapkan kegiatan aeperti ini akan terua didorong oleh Pemkab PALI sebagai salah satu langkah mencegah keterlibatan pelajar dalam penyalahgunaan narkoba.

“Dengan kegiatan seperti ini para siswa akan terpacu untuk berprestasi, dan dengan begitu tidak ada kesempatan para siswa untuk mencoba atau menyalahgunakan narkoba. Kami selaku pemerintah tentunya tidak segan-segan memberikan motivasi seperti memberangkatkan siswa berprestasi untuk study tour ke luar negeri sehingga membuka cakrawala berpikir anak-anak kami” kata Heri. (Ril)

Artikel Terkait