PALEMBANG — Sumatera Selatan memiliki banyak potensi di bidang pariwisata, hal ini merupakan kesempatan bagus bagi Sumsel untuk memperkenalkan diri pada dunia. Apalagi pada moment Asian Games 2018 mendatang.

Oleh karena itu, Kapolda Sumsel saat memberikan Kuliah umum Poltekpar di Griya Agung, Jumat (18/11) mengajak semua elemen masyarakat terutama Kepala Dinas Pariwisata dan khususnya mahasiswa-mahasiswi Poltekpar berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki provinsi Sumsel.

Apalagi dalam menyambut momen bersejarah Asian Games, selain memoles diri dari sisi infrastruktur, Menurut, Djoko, tentu di bidang pariwisata juga harus dipersiapkan secara matang dan fasilitasnya lebih dikembangkan lagi, karena konstribusi wisata dapat menambah devisa, menyerap tenaga kerja, dan pemberdayaan potensi masyarakat.
“Selain itu juga jangan sampai banyaknya wisatawan asing yang datang membuat tergerusnya budaya kita dengan perilaku yang tidak sesuai dengan adat kebiasaan, seks bebas, narkotika, maupun penyebaran uang palsu,” ujar Djoko.
Ditambahkannya, untuk membangun Sumsel agar lebih maju lagi dibutuhkan komponen pendukung pariwisata yakni perlunya sinergitas Polri dan stakeholder yang berperan dan bekerjasama. Mulai dari pemerintah yang diwakili dinas pariwisata, pengelola objek wisata dan travel agent yang harus ada pembinaan khusus.

“Sekarang kan sudah dibentuk yang namanya polisi pariwisata yang nantinya bisa mencegah ancaman terhadap wisatawan yang meliputi gangguan langsung maupun tidak langsung. Baik itu kecelakaan maupun gangguan teroris, karena tugas polisi pariwisata melakukan Patroli, pengawalan dan akan dibantu degan pembangunan pos-pos polisi terpadu,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost