Dalam beberapa sesi wawancara selama di Palembang, Michael Salgado terus mengungkapkan bahwa kehadirannya untuk mensupport pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang. Dan hal tersebut diakuinya merupakan salah satu alasan dirinya mau menghadiri laga eksebisi yang mempertemukan Sriwijaya FC melawan Starbol Indonesia, Sabtu (27/6) kemarin.

“Saya senang dapat ambil bagian dari persiapan promosi Asian Games 2018 di Palembang, apalagi saya melihat disini punya kompleks olahraga yang cukup lengkap. Namun memang perlu kerja keras dari semua pihak, baik dari kesiapan kepanitiaan maupun sarana pendukung seperti venue atau hotel berbintang,” ungkap pemain yang merupakan bagian dari era Los Galaticos di Real Madrid ini.

Dirinya pun mencontohkan bagaimana dirinya juga sempat kesulitan membangun sebuah akademi sepakbola di Dubai yang kini memiliki 1500 siswa. “Semua hal harus diperhitungkan dengan teliti dan detail, saya pun harus bekerja keras agar akademi ini punya fasilitas pendukung seperti lapangan latihan, fitness centre, kemudian juga tenaga pelatih profesional dan mampu menangani seluruh siswa. Kurikulum juga terus kami perbaharui karena sepakbola sangat berkembang dengan pesat,” bebernya.

Menurutnya, selain di Dubai kini akademi miliknya yang dinamainya Spanish Soccer School juga berdiri di Kuwait dan Yordania. “Spanish Soccer School memiliki program pelatihan untuk anak-anak mulai dari usia empat sampai 15, diklasifikasikan dalam enam kelompok umur: Under-6, U-10, U-12, U-14 dan U-16,” tambahnya.

Usai kunjungan ini, pada bulan September mendatang Salgado juga mengundang perwakilan SFC untuk melihat secara langsung akademinya di Dubai. “Setiap tahun kami punya turnamen sendiri yang diikuti oleh banyak akademi dari seluruh dunia, saya senang mendengar Palembang mau membangun 1 stadion baru yang nantinya akan dikhususkan untuk pembinaan pemain usia dini,” ungkapnya.

Sementara itu,Direktur Marketing dan Promosi PT SOM, Nirmala Dewi menjelaskan bahwa pihaknya memang meminta Michael Salgado untuk mempromosikan Asian Games 2018 kedepannya. “Dalam komunikasi awal saat rencana kegiatan ini, melalui email memang kami sampaikan bahwa Palembang merupakan salah satu kota penyelengara Asian Games 2018 nanti dan dirinya menyambut dengan cukup antusias,” jelasnya.

Kedepan, promosi pesta olahraga terbesar di Asia ini juga akan terus dilakukan pihaknya melalui sepakbola. Setelah turnamen tenis ISSF yang diikuti oleh peserta-peserta Islamic Solidarity Games diselenggarakan awal tahun ini di Jakabaring, maka tahun depan direncanakan kegiatan serupa akan kembali digelar.

Artikel Terkait