PALEMBANG — Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan gerakan pembinaan karakter pemuda berdasarkan Tri Satya dan Dasa Dharma. Pramuka yang dipelajari dari siaga sampai pandega dididik untuk menjadi generasi bangsa yang tangguh dan berkarakter.

Dalam pramuka juga ada satuan kerja pramuka (Saka) yakni, Saka Bayangkara, saka Wanabakti, saka Wira Bhakti, saka Bakti Husada, Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka kencana, Saka Wira Kartika, saka Pariwisata, Saka Kalpataru yang selama ini aktif di kegiatan kepramukaan.

Satu lagi saka yang hadir adalah saka widya budaya bakti, saka ini adalah saka yang fokus pada kegiatan Bidang kebudayaan.

Menurut, Ketua Widya Budaya Bhakti Drs H. Amilin, M.Pdi, Saka widya bakti dibentuk agar fokus pada bidang pendidikan karena ada keinginan untuk mengeskplore kebudayaan. “Saka ini fokus untuk pendidikan, budaya, adik-adik pramuka yang ingin berperan dalama bidang pendidikan dan budaya silakan untuk bergabung” jelasnya, Kamis (28/7).

Menurut Amilin, Saka widya Budaya Bakti Merupakan Saka yang boleh diikuti oleh penegak dan pandega yang baru berdiri pada tahun 2014 “Sumsel malahan baru 2015 berdiri, dan sosialisasi ini bertujuan dalam rangka mengetahui secara detail tentang saka ini” tutupnya. (juniara)

RelatedPost