Palembang – Gubernur Sumsel Alex Noerdin kembali mensosialisasikan Asian Games 2018 di Griya Agung, Sabtu (13/5) malam. Kali ini yang menjadi peserta sosialisasi Asian Games merupakan jajaran Direksi dan Karyawan PT. Bank Sumsel Babel (BSB).
Ribuan karyawan PT. BSB yang hadir tampak antusias mendengarkan sosialisasi dari Gubernur Alex Noerdin. Pada kesempatan ini Gubernur Alex Noerdin memaparkan sejumlah video progres persiapan Asian Games dan persiapan venue di Komplek Jakabaring Sport City (JSC). Applause pun bergema di Griya Agung.
Asian Games menurut Alex  bukanlah tujuan, akan tetapi Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan. Sebaliknya yang menjadi tujuan utamanya adalah pembangunan infrastruktur yang diharapkan bermuara pada kesejahteraan rakyat.
“Dengan adanya Asian Games 2018 kita mendapat empat ruas jalan tol, Jembatan Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan Light Rail Transit (LRT).”lanjutnya.
Begitupun mengenai terpilihnya Palembang menjadi tuan rumah Asian Games? Dijelaskannya ada satu hal yang menjadi dasar utama, dan alasan utama Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, karena Sumsel merupakan daerah Zero Konflik. “Alhamdulilah tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Sumsel,”ucapnya.
Selain kondusifitas daerah, Provinsi Sumsel juga mempunyai modal lainnya yaitu Jakabaring Sport City (JSC) serta berpengalaman dalam menggelar baik event-event Nasional bahkan Internasional.
Sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014. Bahkan sampai sekarang ada 42 event Internasional yang dilaksanakan di Sumsel.
Dijelaskan Alex, Pada tahun 2010, Jakabaring Sport City (JSC) hanya berupa rawa-rawa yang berada di tengah Kota Palembang. Sumsel hanya punya waktu 11 bulan, untuk menyulap rawa-rawa ini menjadi Kota Olahraga yang bertaraf Internasional. Alhamdulillah, masyarakat Sumsel bersatu padu dengan tekad yang kuat JSC menjadi Kota Olahraga Berstandar Internasional. “Terima kasih saya kepada seluruh masyarakat Sumsel, TNI/Polri yang bertekad bersatu untuk menjadikan JSC seperti ini,”ujarnya.

Artikel Terkait