Meski tidak termasuk dalam 25 nama pemain yang disebut saat manajemen Sriwijaya FC menggelar pengumuman evaluasi tim, Senin (11/1) lalu, namun sosok Amirul Mukminin kini secara resmi sudah menjadi bagian dari laskar wong kito yang dipersiapkan untuk turnamen Piala Gubernur Kaltim, awal Februari mendatang.

Bahkan pemain yang terakhir bermain untuk Barito Putera ini juga terlihat saat proses penandatangan kontrak kerjasama antara SFC dengan seluruh pemain dan pemain yang digelar di Griya Agung Palembang, Sabtu (16/1) kemarin. Kehadiran Amirul sendiri memang diproyeksikan untuk mengisi 1 slot kosong setelah manajemen SFC mencoret Titus Bonai karena sikap indisiplinier, Kamis (14/1) sebelumnya.

Sekretaris tim SFC, Achmad Haris membenarkan perekrutan Amirul Mukminin dan mengatakan bahwa keputusan ini sudah mendapat persetujuan dari Presiden SFC serta tim pelatih. “Ini juga membuktikan komitmen manajemen SFC untuk memberikan tempat bagi putera daerah Sumsel yang berprestasi, selain itu pengalamannya juga dibutuhkan untuk membimbing adik-adiknya yang lain. Sejak izin mengikuti sesi latihan di hari pertama, Amir juga menunjukkan sikap profesional,” ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Amirul Mukminin mengaku senang dapat memperkuat SFC dan siap bersaing memperebutkan 1 posisi inti di dalam starting eleven nantinya. “Sebagai pemain asli Sumsel, tentu saya senang dapat memperkuat tim kampung halaman sendiri. Sekarang saya tidak ada fokus yang lain, hanya berlatih dan memberikan kontribusi positif untuk tim,” ujar alumnus tim PON Sumsel ini.

Dirinya sendiri mengaku bahwa statusnya saat ini merupakan 100 persen pemain SFC setelah kontraknya dengan Barito Putera berakhir di awal tahun ini. “Jadi saya bergabung tanpa status pinjaman dari Barito Putera, kontrak saya sendiri berakhir Desember 2015 lalu,” ujar pemain yang menempati posisi gelandang tengah ini.

Menurutnya, keputusannya untuk mencari klub baru usai kontraknya di Barito Putera berakhir lebih dikarenakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga yang harus menafkahi istri dan puteri pertamanya yang baru lahir di penghujung tahun lalu. “Barito sendiri sudah memutuskan tidak mengikuti turnamen-turnamen yang digelar di Indonesia, mulai dari Piala Presiden hingga nanti di Piala Gubernur Kaltim, namun saya berterima kasih karena selama ini mereka sangat baik dan tidak pernah menghalangi saya untuk mengembangkan karier,” jelasnya.

Di SFC sendiri, Amirul mengaku akan menggunakan nomor punggung 8, nomor yang memang identik dengan para gelandang tengah. “Sudah 5 musim terakhir bersama Barito Putera saya memakai nomor tersebut, apalagi di SFC tidak ada yang memakai. Mohon doanya agar kami mampu membawa SFC juara kembali nantinya,” pungkasnya.

Artikel Terkait