PALEMBANG — Meski PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 secara resmi telah menangguhkan regulasi penggunaan pemain U22 selama sebulan kedepan, namun manajemen Sriwijaya FC menegaskan tidak akan terpengaruh dan tetap akan mengandalkan deretan young guns yang dimiliki musim ini.

Seperti saat laga terdekat melawan Arema FC, Jumat (7/7) mendatang di stadion Kanjuruhan Malang. Dari daftar 20 pemain yang diboyong ke Malang, caretaker laskar wong kito Hartono Ruslan tetap memasukkan 4 nama pemain yang masih termasuk dalam kuota pemain U22.

Keempat pemain tersebut yakni Yanto Basna, Zalnando, Ichsan Kurniawan dan Slamet Budiono. Hartono sendiri mengaku bahwa dalam proses pemilihan pemain yang akan diturunkan saat pertandingan, dirinya lebih melihat kinerja pemain saat proses latihan selama ini.

“Penangguhan regulasi baru-baru ini selama sebulan kedepan tidak ada pengaruhnya buat kami. Di SFC, kebetulan hampir seluruh pemain U22 yang dimiliki punya kemampuan yang cukup bersaing untuk merebut 1 posisi di line up,” jelas pelatih yang turut membawa tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini merebut gelar juara kompetisi Indonesian Super League (ISL) 2011/2012 lalu.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa penangguhan regulasi tersebut tidak akan berdampak terlalu besar bagi pihaknya. “Sejak beberapa musim terakhir, manajemen SFC juga secara konsisten terus memberikan ruang bagi pemain muda dan putera daerah untuk masuk ke dalam tim. Hampir semua pemain muda yang ada saat ini pun berasal dari tim PON Sumsel serta SFC U21,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemain muda SFC Ichsan Kurniawan mengaku dirinya lebih tertantang untuk memberikan kemampuan terbaiknya pasca penangguhan regulasi pemain U22 oleh PT LIB. “Tentu kami tidak boleh hanya mengandalkan regulasi untuk bermain, saat latihan pelatih pun selalu menegaskan hal tersebut. Kedepan ada atau tidaknya regulasi tersebut, kami harus selalu fight dan tidak boleh merasa nyaman akan mendapat tempat karena bantuan itu,” tegasnya. (dedi)

Related Post