PALEMBANG – Ratusan murid Taman Kanak-kanak (TK) dari 25 lembaga TK di Kecamatan Sako ikuti kegiatan manasik haji di Halaman Masjid Aqobah 2, Rabu (20/09).

Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan untuk memberikan pelajaran terhadap anak usia dini tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar di tanah suci Mekkah.

Murid TK begitu antusias dalam menjalan rukun islam yang ke lima ini. Dimana seluruh siswa mengenakan pakaian ihram dan mengikuti rangkaian manasik haji seperti sai, tawaf hingga tahallul.

Ketua IGTK Kecamatan Sako, Zaitun mengatakan kegiatan manasik haji merupakan program tahunan dari Ikatan Guru TK (IGTK) di Kecamatan Sako. Harapannya agar siswa sejak usia dini sudah mengenal ibadah istimewa tersebut.

“Kali ini sudah tahun ke empat, biasanya kami selenggarakan di Masjid Aqobah 2 dan 4,” kata Zaitun disela kegiatan manasik haji.

Ia juga mengatakan, untuk tahun ini yang mengikuti manasik haji lebih banyak. Tahun lalu peserta yang ikut hanya berkisar 600 orang, daan juga antuasias anak-anak lebih terlihat.

“Alhamdulillah tahun ini ada 700 siswa yang ikut. Kita ingin kan murid TK agar lebih mengerti bagaimana menjalankan rukun islam ke lima ini,” terangnya lagi.

Sementara itu, Kepala UPT Disdik Kecamatan Sako, Kasmini mengaku sangat mengapresiasi kegiatan manasik haji yang dilakukan siswa TK. Menurut dia, kegiatan ini sangat baik dalam mengenalkan ibadah haji kepada anak-anak.

“Saya sangat bangga dengan program yang dilakukan IGTK Sako ini, saya berharap agar program ini bisa diikuti seluruh siswa,” tukasnya. (dil)

Artikel Terkait