Ada sisi lain di skuad Sriwijaya FC musim 2016 ini. Para punggawa laskar wong kito memiliki kebiasaan baru sebelum memulai latihan atau bertanding. Firman Utina dkk kini kompak melaksanakan shalat berjamaah terlebih dulu sebelum memulai aktifitas di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Seperti terlihat sebelum laga uji coba antara SFC melawan PS Pusri, Kamis (21/1) kemarin. Sebelum laga dimulai, mayoritas pemain SFC kompak menunaikan kewajiban shalat ashar terlebih dulu di ruang ganti.

Kapten tim SFC, Firman Utina mengaku hal tersebut bukanlah sesuatu yang aneh dan wajar dilakukan sebagai seorang muslim. “Jadi sebelum kita memulai latihan, kita dan om Beny Dollo sudah berdiskusi terlebih dulu mengenai usulan kita ini, agar sebelum sesi latihan pemain diberikan kesempatan menjalankan shalat terlebih dulu,” ujar Firman Utina saat dihubungi Jumat (22/1) sore.

Menurutnya, Bendol kemudian mengajak seluruh pemain untuk berdiskusi mengenai waktu dan jadwal latihan tim agar tidak berbenturan dengan kewajiban beribadah. “Namun kita pun juga mendengarkan masukan dari Om Benny, misalnya kapan shalat kita lakukan di Wisma atau jika waktunya mepet dengan kegiatan tim maka bisa langsung di stadion,” tambahnya.

Beny Dollo sendiri saat dikonfirmasi mengaku dirinya memang sengaja memberikan keluasaan bagi pemain muslim di SFC untuk melakukan kewajiban beribadah tersebut. “Sebenarnya ini bukan yang pertama, dulu waktu pertama saya di SFC hal tersebut juga sudah dilakukan. Untuk memberikan kesempatan shalat, maka saya percepat keberangkatan tim dari Mess Pertiwi, soalnya di jalan bisa kena macet pembangunan fly over Jakabaring,” jelas eks pelatih timnas ini.

Manajer SFC, Nasrun Umar sendiri menjelaskan pihaknya menyambut baik kebijakan ini. “Kemenangan itu bukan hanya dari kerja keras pemain atau manajemen tim, namun juga ridho dari Allah SWT. Kedepan kami pun akan menyiapkan fasilitas musholla di stadion GSJ sesuai masukan dari para suporter, sehingga para penonton yang datang untuk mendukung SFC juga dapat nyaman dalam menjalankan ibadah shalat,” jelas Kepala Dishub Kominfo Sumsel ini.

Artikel Terkait