PALEMBANG —Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Sumatera Selatan dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan regional dengan berbagai pihak terkait terutama instansi pekerjaan umum, dalam pertemuan yang berlangsung pada September 2016 mendatang akan membahas mengenai sumber daya air.

Kepala Dinas PU Pengairan Sumatera Selatan Rinhardi, Rabu (24/8) mengatakan, sumber daya air merupakan salah satu pendukung ketahanan pangan,  sehingga perlu dikelola secara baik.

Menurutnya, dengan adanya sumber daya air maka sektor pertanian bisa dikerjakan lebih maksimal, dalam upaya mendukung upaya pemerintah untuk meningkatakan hasil pertanian dan beberapa sektor lainnya pada masa mendatang.

“Dalam upaya mendukung program tersebut, kami juga  akan memaksimalkan sistem irigasi serta mengoptimalkan upaya pemanfaatan sumber daya air tersebut,” jelasnya.

Oleh karena itu, sebagai upaya mendukung upaya tersebut, pihak PU akan melakukan pertemuan regional yang akan membahas sumber daya air dan membahas permasalahan irigasi agar swasembada pangan bisa terjaga karena ketahanan pangan merupakan program nasional yang perlu didukung bersama.

“Program ketahanan pangan harus dimaksimalkan karena target pemerintah harus surplus beras 10 juta ton, selain itu ketahanan pangan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Rinhardi mengatakan dalam pertemuan regional nanti perbaikan irigasi menjadi hal utama yang perlu dibahas secara mendalam , selain itu bertujuan membangun komitmen bersama antar pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga sumber daya air untuk memperkuat ketahanan pangan.

Sementara peserta yang akan ikut dalam pertemuan regional tersebut antara lain akan dihadiri oleh utusan pemerintah provinsi di Sumatera ditambah tujuh daerah lainnya seperti Sulawesi dan Bali. (juniara)

RelatedPost