PALEMBANG — Pengelola klub Laskar Wong Kito PT.Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) resmi mengajukan lapangan stadion Madya Bumi Sriwijaya sebagai home base alternatif pertandingan Gojek Traveloka Liga 1.
Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi bila stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring memulai proses renovasi untuk perhelatan Asian Games 2018 mendatang.
Operator penyelenggara kompetisi PT.Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya melakukan verifikasi kelayakan stadion Bumi Sriwijaya, Selasa,(4/4) pukul 14.00 WIB.
“Kami tetap upayakan agar pertandingan home SFC di Palembang. Makanya hari ini telah di lakukan verifikasi,”kata Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid.
Diakui Faisal kedatangan LIB ke Palembang memang untuk melihat kelayakan stadion Madya Bumi Sriwijaya. Dilanjutkannya untuk sekarang memang dikategorikan belum layak tapi sebelum stadion GSJ direnovasi stadion Bumi yang akan direnovasi agar sesuai standar Liga 1.
“Tadi sudah kita bicarakan apa saja item yang harus ditambah agar layak. Setelah itu kita bisa gunakan stadion Bumi agar SFC bisa berlaga di Palembang,”tuturnya.
Terakhir kapan renovasi stadion Bumi dan renovasi stadion Jakabaring. Faisal menjawab ketetapan tanggal pasti masih di godok oleh pihak PU karena proses lelang proyek masih tengah berjalan. “Yang jelas stadion Bumi dulu direnovasi agar kami bisa tetap gunakan Jakabaring. Setalah stadion Bumi sesuai standar kita bisa gunakan sebagai home base alternatif dan Jakabaring bisa direnovasi untuk Asian Games,”pungkasnya.
Dibincangi secara terpisah Bidang Kompetisi PT.Liga Indonesia Baru (LIB) Somad mengatakan, pihak PTSOM hanya mengajukan satu stadion saja sebagai alternatif setelah adanya kabar stadion home base SFC akan direnovasi untuk Asian Games.
“Setelah kita lihat memang ada item yang tidak ada. Makanya setelah semuanya ada kita bisa katakan layak,”ucapnya.
 Somad menjelaskan item itu adalah, rumput stadion harus diganti,tidak ada ruang untuk media dan pagar sekeliling stadion harus ditinggikan dan lampu stadion kurang standar. “Apabila semua itu ada saya rasa stadion ini layak untuk digunakan di Liga 1 nanti. Tapi tadi semua akan dibuat saya rasa tidak ada masalah kedepannya,”pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait