PALEMBANG — PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang akan membangun pabrik baru Pusri IIIB ditahun 2017. Pembangunan pabrik baru ini, menyusul telah selesainya pembangunan Pusri IIB sebagai pengganti Pusri II yang sudah tua.

Direktur Utama PT Pusri Palembang, Mulyono Prawiro mengatakan pembangunan pabrik baru ini bertujuan untuk melakukan efesiensi dan merevitalisasi pabrik yang lama.

“Kapasitasnya tetap sama tetapi lebih efesien saja sehingga PT. Pusri bisa lebih kompetitif, sekarang PT. Pusri belum kompetitif karena pabrik porosnya ada beberapa masih lama jadi kita revitalisasi seperti Pusri IIB ,” kata Mulyono usai menggelar pertemuan dengan gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin di ruangan kerjanya, Senin (8/5).

Mulyono mengatakan, kapasitas Pabrik saat ini dengan yang baru baru sebesar dua juta enam ratus. Untuk pupuk Urea belum ada penambahan namun, untuk Pupuk NPK ada penambahan lebih dari satu juta ton.

“Sekarang baru 100 ribu kemudian untuk tahun ini akan ditambah dua ratus ribu sehingga total ada tiga ratus ribu. Untuk menembus NPK 1 juta kita akan bertahap sampai nanti ke depan tahun 2025 bisa mencapai 1 juta,” kata dia.

Selain itu, Mulyono mengungkapkan gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin telah menjanjikan lokasi di kawasan Tanjung Api-Api yang ada pelabuhan Samudera. Apalagi pabrik terbaru PT. Pusri IIB ini dilengkapi dengan teknologi yang bagus danbtidak boros.

“Peresmian Pabriknya belhm tahu kapan, kita masih menunggu kesediaan Presiden untuk meresmikannya,” singkatnya. (juniara)

Artikel Terkait