Laskarwongkito.com-Tim Nasional Indonesia U-19 hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Thailand pada laga PSSI 88 th U-19 International Tournament di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (23/9) malam. Gol dari Timnas U-19 dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-34 dan sepakan M Luthfi Kamal menit ke-80,sedangkan gol Thailand dicetak oleh Matee Sarakum menit ke-20 dan Hassawat Nopnate menit ke-58.

PSSI 88th U-19 International Tournament merupakan turnamen dari PSSI untuk persiapan Piala AFC U-19 yang digelar di Indonesia pada 18 Oktober-4 November mendatang yang mana Indonesia masuk dalam Grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Chinese Taipei.

Seusai pertandingan pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa sebenarnya di babak pertama ia senang dengan permainan tim. Dia menyebut suka timnya bermain dengan apa yang ia siapkan selama seminggu terakhir.

“Kami melakukan pertahanan yang bagus di tengah, tapi di babak kedua ada perubahan cara main dan respon pemain kita kurang tepat. Pergantian pemain kita harus menyamakan persepsi dengan pemain utama tapi uji coba ini pemain sudah pahami apa yang kita rencanakan,” kata Indra.

Indra juga mengakui gol pertama bukan karena longgarnya bek tapi terlalu percaya dirinya pemainnya yang memainkan bola di daerah yang harusnya tidak boleh. Lalu gol kedua kita tinggalkan tiga pemain di belakang kemudian ada error dan thailand counter attack, pemain lawan lakukan tendangan dari luar dan kebetulan skillnya bagus.

“Turnamen ini jauh lebih penting buat atur rencana kita, lawan China lusa mendatang baru pertama kalinya. Kalau pemain lebih bagus maka mereka harus lalukan terbaik dalam game, lawan china harus lebih maksimal, besok baru diputuskan apa ada rotasi atau tidak,” jelas pelatih asal Sumatera Barat ini.

Sementara pemain belakang Timnas U-19, Asnawi Mangkualam mengaku dirinya dan teman-teman sudah menjalankan instruksi pelatih. Namun ada kesalahan sendiri, jadi ada kebobolan di babak pertama dan kedua.

“Ada sedikit kendala sehingga kita belum menang malam ini. Lawan China kita akan berusaha lebih baik, ini kandang kita maka harus menang,” kata Asnawi.

Sementara itu, Asisten pelatih Thailand, Bamrung Boonprom mengaku timnya bermain baik hari ini. Meski begitu ia sempat ragu soal cuaca dan lapangan tapi timnya bisa mengatasinya.

“Kedua tim bermain bagus, saya predikisi kami akan menang tapi hasilnya imbang. Ini jadi tantangan bagus buat kami.
Selanjutnya kami akan fokus ke Piala AFC U-19 yang akan digelar bulan depan. Kami akan persiapan lebih matang karena kami kebobolan tiga gol di laga awal dan dua di hari ini. Event ini akan jadi tolak ukur buat kami,” kata Bamrung Boonprom.

“Kami pikir cuaca di Indonesia sama seperti Thailand, kita memang perlu adaptasi karena sangat dibutuhkan makanya berharap dapat hal positif disini. Tidak ada masalah buat matahari tetapi kalau hujan memang perlu hal lebih buat menyesuaikan diri,” tambahnya.

Setelah Thailand, Timnas Indonesia U-19 menghadapi China pada Selasa (25/9) mendatang. China sebelumnya mengalahkan Thailand 3-1 pada laga pembuka event ini, Jumat (21/9). (win)

Artikel Terkait