PALEMBANG — Untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Kepolisian di tengah masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, Satuan pembinaan masyarakat (SAT BINMAS) Polresta Palembang mengadakan post mobile atau patroli jalan kaki di pelataran benteng kuto besak (BKB).

Patroli jalan kaki tersebut digelar selama 20 hari, mulai dari tanggal 11 Juli hingga 31 Juli mendatang. Beroperasi pukul mulai 17.00 WIB hingga 21.00 WIB kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan wilayah BKB yang merupakan salah satu kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Palembang dan luar daerah. Hal ini diungkapkan Verdian S, Bintara SATBINMAS Polresta Palembang saat ditemuin tim Laskar Wong Kito di BKB, Senin (11/7) sore.

Rencananya operasi ini akan digelar berkelanjutan kedepannya agar tercipta suasana yang aman serta kondusif, “Hal ini kita lakukan secara bertahap dan kita menentukan lokasi sesuai tingkat rawan kejahatan yang terjadi,” jelasnya.

Menurutnya, patroli jalan kaki ini merupakan pos pengaduan yang sifatnya keliling untuk menampung berbagai keluhan dan laporan dari masyarakat terkait gangguan kamtibnas, “Nanti pengaduan ini akan kita sampaikan dengan pihak yang berwenang agar ditindak lanjuti,” ujarnya.

Selain itu, petugas SATBINMAS juga memberikan imbauan dan pesan-pesan kamtibnas kepada masyarakat. “Melalui pengeras suara, kita memberikan pengumuman agar masyarakat menyampaikan aspirasi dan keluhan yang dialami. Serta himbauan seperti menambahkan kunci pengaman tambahan bagi pengguna kendaraan roda dua dan roda empat,” jelasnya.

Verdian mengatakan pihaknya juga melayani aduan masyarakat melalui sms online yang dikirim ke nomor 08136867 7888. “Dengan catatan masyarakat yang mengirimkan sms aduan harus mencantumkan indentitas lengkap sejelas-jelasnya agar aduannya dapat kita tindak lanjuti,” tegas Verdian

Sebelumnya Polresta Palembang juga melakukan Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibnas) secara menyeluruh ke berbagai wilayah di kota Palembang. “Ada 107 Babin Kamtibnas yang kita sebar di kota Palembang untuk melayani dan menerima pengaduan dari masyarakat,” pungkasnya.(juniara).

RelatedPost