Laskarwongkito.com-Sebuah kabar mengejutkan datang dari Xiaomi pada awal tahun ini, dimana Redmi yang merupakan seri ponsel murahnya selama ini, memilih pisah dari vendor asal China itu.
Lewat laman resminya, Xiaomi mengumumkan kalau Redmi kini dijadikan sub-brand yang artinya Redmi akan jalan secara mandiri dan terpisah dari embel-embel Xiaomi. Hal serupa pernah dilakukan Huawei yang melepas Honor menjadi sub brand mereka. Sama seperti Xiaomi Redmi, Huawei juga dulu punya seri Huawei Honor sebagai seri ekonomis mereka.

Informasi dipecahnya seri Redmi menjadi sub brand Xiaomi terpampang dalam pengumuman di situs web perusahaan mereka di Tiongkok jum’at (4/1/19). Seperti bisa dilihat dalam gambar, poster yang terpasang di situs resmi mereka di Tiongkok juga menunjukkan bahwa Xiaomi akan mengungkapkan lebih banyak informasi pada konferensi pers 10 Januari pekan depan.

Bersama pengumuman itu, XIiaomi juga menyertakan poster dengan tulisan Redmi di bagian tengah diikuti dengan pesan dalam huruf Mandarin yang artinya, “merek baru, konferensi Xiaomi Redmi”.

Sebagaimana diketahui bahwa nama Redmi memang telah melekat pada Xiaomi sebagai seri smartphone ekonomis dengan spesifikasi lumayan tinggi. Untuk pasar Indonesia sendiri, seri Redmi yang dihadirkan pun terbilang banyak dan populer. Seri Redmi terbaru yang masih segar dalam ingatan konsumen adalah Redmi 6, Redmi 6A, dan Redmi Note 6 Pro. Lewat seri-seri tersebut pula Xiaomi turut membuat ‘bergetar’ kompetitor-kompeitor mereka di Indonesia.

CEO Xiaomi Lei Jun menyebut, alasan utama dilakukannya pemisahan Mi dengan Redmi lantaran perbedaan fokus. Redmi akan konsentrasi untuk mengembangkan produk ponsel yang terjangkau.  Sementara merek Mi akan ditujukan untuk ponsel-ponsel yang lebih canggih (high-end). Selain itu, Redmi juga akan dijual lewat e-commerce, sementara Mi hanya akan dijual di toko fisik dan tidak tersedia secara online. (Red/win)