PALEMBANG — Persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diselenggarakan secara seretak di 101 kota seluruh Indonesia, secara umum tetap berjalan sesuai rencana.

Hal ini disampaikan oleh ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Juri Ardiyantoro di Griya Agung, Rabu (20/7). Menurutnya, saat ini KPU RI sedang dalam proses finalisasi peraturan KPU yang baru sembari menunggu jadwal untuk melakukan konsultasi dengan dewan perwakilan rakyat republik Indonesia (DPR RI).

Ditambahkannya, sepanjang peraturan-peraturan KPU yang baru belum selesai maka tahapan pilkada tetap berjalan dengan mengacu kepada peraturan KPU sebelumnya yang belum dicabut. “Pilkada tetap berjalan tetapi jika nanti peraturan baru sudah diselesaikan dan dikonsultasikan dengan DPR RI maka secara otomatis peraturan tersebut langsung berlaku untuk mengatur pilkada 2017,” ungkapnya.

Mengenai peraturan KPU 2015 yang sempat menghambat pilkada misalnya persoalan anggaran, Juri Ardiyantoro menegaskan untuk pilkada 2017 mendatang relatif tidak ada masalah. (juniara).

RelatedPost