PALEMBANG — Asa Sriwijaya FC untuk mencuri poin di kandang Mitra Kukar, Sabtu (30/9) sore akhirnya harus sirna. Setelah banyak membuang peluang yang tercipta, laskar wong kito dihukum keras dan mesti kebobolan di 10 menit akhir.

Dua gol bagi Naga Mekes memang dihasilkan di penghujung pertandingan melalui sundulan Marclei Santos di menit 84 dan tendangan terukur Yogi Rahadian 2 menit kemudian. Dengan hasil ini, SFC kembali turun ke peringkat 13 klasemen sementara kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 dengan poin 31.

Pelatih SFC, Hartono Ruslan sangat menyesalkan kegagalan anak asuhnya menyelesaikan sejumlah peluang yang dihasilkan, baik di babak pertama maupun kedua. “Setidaknya ada 2 peluang emas yang mestinya berbuah gol di setiap babak, namun inilah sepakbola dan hari ini kami kalah beruntung,” ujarnya usai pertandingan.

Selain itu, dirinya pun menyebut M Roby dkk kehilangan konsentrasi di menit-menit akhir sehingga kecolongan 2 gol dalam waktu yang singkat. “Saya sudah mengingatkan agar mereka tetap fokus, namun keluarnya Bobby Satria tadi memang sedikit menganggu,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Yudi Suryata mengaku sangat bersukacita meraig kemenangan pertamanya ini. “Saya sulit tidur dan terus berpikir keras setelah 4 kekalahan beruntun kemarin. Hari ini seluruh pemain menunjukkan bahwa mereka belum tertidur, semoga dapat terus terjaga kedepannya,” ungkapnya usai pertandingan.

Selain itu, dirinya pun menyebut anak asuhnya mampu bermain sabar dan tidak panik setelah tidak mampu mencetak gol di babak pertama. “Saya di ruang ganti hanya mengatakan bahwa mereka jangan takut untuk bermain dengan gaya sendiri, tidak perlu langsung kedepan dan sabar dalam membuat peluang,” bebernya.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama, Sriwijaya FC langsung mendapat gempuran dari tuan rumah dan sempat mendapat peluang emas saat Marclei Santos lolos dari jebakan offside. Namun sepakan kerasnya mampu ditepis dengan penjaga gawang SFC, Sandy Firmansyah.

Setelah itu, laskar wong kito baru mampu keluar dari tekanan dan berbalik menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Hilton Moreira yang sudah berdiri bebas gagal menyelesaikan dengan baik peluang yang tercipta dan mampu dihalau oleh Gery Mandagi, kiper Mitra Kukar.

Skor imbang sendiri menutup 45 menit babak pertama dan wasit Yeni Krisdianto yang memimpin pertandingan mengeluarkan 3 kartu kuning di babak ini, masing-masing untuk Tijani Belaid (SFC) dan A Zikri serta Andre Agustiar (Mitra Kukar).

Di babak kedua, Mitra Kukar langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan marquee player-nya Mohammed Sissoko menggantikan In Kyun Oh yang terkena cedera.

SFC sendiri sempat mendapat 2 peluang emas melalui skema serangan balik yang cepat. Namun meski sudah berhadapan langsung dengan kiper lawan, tendangan Beto masih melebar tipis ke sisi lapangan.

Begitu juga saat kerjasama Beto dengan Nur Iskandar yang mampu dipatahkan bek lawan.

Petaka datang bagi SFC di 6menit terakhir. Sebuah tendangan sudut mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Marclei Santos, kemudian kerjasama apik Yogi Rahadian dan Hendra Bayauw kembali merobek gawang SFC di menit 86. Skor 2-0 bagi tuan rumah akhirnya menutup laga pekan 26 ini. (dedi)

Artikel Terkait