PALEMBANG – Sebagai mantan pemain Persipura Jayapura, Alberto Goncalves tidak bosan-bosannya memperingatkan rekan-rekannya di Sriwijaya FC dalam persiapan menghadapi Persipura di stadion Gelora Sriwijaya, Minggu (3/7) dalam lanjutan kompetisi Indonesia Soccer Championships (ISC) 2016.
Pemain yang akrab disapa Beto memperingatkan tentang sosok sang kapten Mutiara Hitam, Boas Solossa sebagai pemain yang paling berbahaya di skuad Persipura Jayapura.
“Boas pemain yang pintar, dia punya trik untuk memenangkan adu lari dengan bek atau pemain yang menjaganya. Dia juga punya kualitas tendangan yang terarah dan sulit dijangkau kiper. Kepada Teja Paku Alam nanti harus benar-benar fokus 100 persen dan tidak kehilangan konsentrasi sepanjang pertandingan,” kataBeto, Sabtu (2/7).
Menurut Beto, kemampuan Boas hingga saat ini belumlah memudar dan tetap memegang peranan penting di skuad Persipura. “Dia pemimpin dalam tim, kehadiran dia mampu memberikan rasa tenang bagi pemain muda yang sekarang mendominasi di skuad Persipura,” ujarnya.
Beto yang sempat berduet dengan Boas pun mengenang masa indah sewaktu dirinya menjadi bagian tim yang sekarang dilatih oleh Jafri Sastra tersebut. “Waktu di Persipura, Boas bermain sedikit di belakang saya bersama Ernest Jeremiah yang menjadi striker. Namun tridente kami saat itu sangat produktif, Boas bikin 25 gol, saya 23 gol dan Ernest 19 gol dari total 81 gol yang dibuat di musim 2009 tersebut,” kenangnya.
Beto pun mengingatkan, walau saat ini Sriwijaya FC memiliki pertahanan yang cukup solid namun tetap harus waspada penuh saat laga melawan Persipura. Pemain asing asal Brazil ini membandingkan kekuatan Persipura pada 2009   cukup mirip dengan Sriwijaya FC saat ini.
“Saat saya di Persipura, kami cukup tangguh dan mampu mendominasi kompetisi. Ada Jendry Pitoy di mistar gawang, kemudian trio Bio Paulin, Jack Komboy dan Victor Igbonefo sebagai pemain bertahan. Lalu duet Eduard Ivak Dalam dan Manuel Wanggai serta David Da Rocha dan Ricardo Salampessy di bek sayap, rasanya kami adalah salah satu tim terbaik di tanah air saat itu,” ujar Beto.
Sementara itu penjaga gawang Sriwijaya FC Teja Paku Alam berterima kasih dengan masukan yang diberikan oleh Beto Goncalves jelang laga melawan Persipura. “Semua tahu bagaimana kualitas Boas Solossa, namun seperti yang selalu disampaikan oleh coach Widodo, semua pemain yang masuk ke lini pertahanan SFC harus diwaspadai nantinya,” ujar Teja. (dedi)

RelatedPost