PALEMBANG — Laga berat menanti Oswaldo Lessa saat Sriwijaya FC bertandang ke stadion Gajayana Malang guna menantang Persiba Balikpapan, Selasa (9/5) malam. Tekanan memang mengarah ke skuad laskar wong kito pasca mengalami 2 kekalahan beruntun di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017.

Pelatih asal Brasil ini sendiri menyebut bahwa dirinya sendiri sudah mengetahui mengenai hal ini namun menolak bila tekanan hanya ada pihaknya. “Sebenarnya kedua tim mengalami hal yang sama, tim lawan juga belum pernah menang sementara SFC mendapat 2 hasil buruk sebelum laga ini. Tapi Persiba punya modal bagus karna di laga terakhirnya mendapat hasil imbang melawan PS TNI,” ungkapnya saat sesi pre post match di Malang, Senin (8/5) sore.

Menurutnya, kewajiban harus menang juga akan dialami oleh tim tuan rumah di laga ini. “Mereka harus menang, tapi kita juga sama. Saya tetap percaya bisa meraih target itu karena pemain sudah berlatih dengan cukup di Palembang,” ungkapnya. Terkait adanya pergantian pelatih di tim lawan, eks pelatih Persipura ini mengaku tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah keuntungan bagi pihaknya nanti.

“Sebuah klub jika melakukan pergantian pelatih atau pemain, itu hal biasa. Mungkin dia belum punya banyak waktu untuk menangani tim, tetapi situasi ini tidaklah menjadi keuntungan buat kami,” ujarnya. Justru sebuah tim yang baru melakukan pergantian pelatih diakui Lessa akan bertambah semangat dan motivasinya.

“Soal kualitas permainan, saya pikir materi SFC tidak kalah dengan yang lainnya. Namun kami harus waspada dengan tim Persiba karena saya tahu sebuah tim yang baru melakukan pergantian pelatih pasti semangat dan motivasinya juga tinggi sekali,” tegasnya.

Sementara itu, nada optimis dilontarkan pelatih anyar Persiba Balikpapan, Milomir Selsija jelang laga debutnya bersama Beruang Madu. “Saya memang baru 2 hari bersama Persiba, tetapi saya melihat ada potensi dan kekuatan yang besar. Namun kami harus naikkan level tim walau sekarang didominasi pemain muda, saya mau semua berjuang bersama sebagai sebuah kesatuan,” ujar pelatih asal Bosnia ini.

Namun menurutnya, dirinya tidak akan melakukan perubahan besar-besaran di laga ini. “Saya masih adaptasi dulu, pemain bisa bingung dan pelan-pelan dulu. Tapi saya akan memastikan mereka bekerja keras dan tidak ada lagi pemain yang jalan-jalan atau bermain di bawah kualitasnya,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu pilar Persiba, Iqbal Samad yang menyebut seluruh pemain kini dalam kondisi yang lebih baik. “Pasca melawan PS TNI, kami sudah mulai berlatih dengan coach Milo dan mental seluruh pemain sudah lebih bagus. Melawan SFC, kami bertekad meneruskan tren positif serta mencari kemenangan perdana,” tekadnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-3-3) : Teja Paku Alam, Gilang Ginarsa, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Indra Permana, Yu Hyun Koo, Hilton Moreira, Tijani Belaid, Slamet Budiono, Maldini Pali, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Marco Meraudje, Hendra Sandi, Bobby Satria, Ichsan Kurniawan, Airlangga Sucipto, Nur Iskandar, Rahmad Hidayat, Ichsan Kurniawan.

Artikel Terkait