PALEMBANG – Al Quran turun dalam dua proses, pertama turunnya Al Quran dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah (Langit Bumi) pada 17 Ramadhan, lalu dari Baitul Izzah ke Nabi Muhammad SAW (Bumi) secara berangsur.

Peringatan turunnya Al Quran atau dikenal dengan Nuzulul Quran  diperingati setiap 17 Ramadhan berdasarkan turunnya Al Quran ke Baitul Izzah. Oleh karena itu Jamaah yang berasal dari karyawan Rumah Sakit Muhammad Husin (RSMH) Palembang, juga  memperingati turunnya kitab suci Al Quran.

Direktur Utama RSMH, Dr M Syahril Mansyur SpP MPH usai Nuzulul Quran di Masjid RSMH Rabu malam (14/06), mengatakan rangkaian kegiatan Nuzulul Quran yang digelar oleh RSMH dikemas dengan berbagai lomba. “Ada lomba baca al quran, lomba hafis alquran yang di ikuti keluarga besar RSMH Palembang,” kata dia.

Bagi dirinya Nuzulul Quran merupakan turunnya ayat suci Al Quran sehingga manusia diberi pencerahan melalui wahyu yang diturunkan ALLAH.

“Kita diberi wahyu oleh ALLAH, kata  Iqro’ dalam Al Quran mempunyai makna, kita di minta  belajar,  membaca alam ini agar  kita senantiasa  meningkat keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH,” ungkap Syahril.

Lanjutnya, kalau orang tidak belajar akan menjadi bodoh dan terbelakang.  Al Quran yang.merupakan kitab suci umat muslim akan membawa kepada keselamatan dunia dan akhirat.

“Rosullulah mengatakan kalau kita ingin selamat berpegang teguh pada Al Quran dan hadis,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait