PALEMBANG — Pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mela lui Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM) Provinsi Sumsel telah menyiapkan dana sebesar Rp 499 miliar untuk memperbaiki 20 persen jalan rusak dari total panjang 1513 kilometer.

Tercatat kurang lebih sepanjang 300 kilometer jalan provinsi di Sumatera Selatan (Sumsel) perlu perbaikan. Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Ucok Hidayat mengungkapkan, saat ini beberapa ruas jalan sedang dalam proses tender atau sedang dicarikan kontraktor untuk mengerjakan perbaikan jalan tersebut.

Dikatakan Ucok, prioritas jalan yang diperbaiki diantaranya di Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan jalan Lintas Tengah (Jalinteng).

“Untuk jalan provinsi ada beberapa jalan yang rusak parah seperti Jalan Kurungan Nyawa di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, ruas Gumawang-Petanggang dari OKU Timur hingga perbatasan dengan Ogan Komering Ilir (OKI) dan ruas Baturaja-Martapura yang menghubungkan OKU dan OKU Timur. Itu semua sedang tender, jalan yang kritis-kritis itu yang kita utamakan,” kata Ucok saat mengadakan jump pers di kantornya, Senin petang, (06/03).

Khusus beberapa ruas jalan tersebut, menurut Ucok menjadi perhatian utama karena merupakan penghubung antar kabupaten di Sumsel.

Secara keseluruhan, lanjut Ucok, 20 persen jalan rusak tersebut tidak mengalami kerusakan secara total, melainkan tersebar di beberapa titik.

“10 persen rusak parah dan 10 persen lainnya rusak ringan,” ungkapnya.

Adapun ruas jalan yang mengalami rusak ringan juga menjadi perhatian pihaknya dan perbaikan jalan disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

“Perbaikan jalan itu bisa pemeliharaan rutin, rehab. Sedangkan kalau peningkatan itu untuk jalan rusak total yang panjang,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait