PALEMBANG — Kepala Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nuraini mengharapkan, peranan Assosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan membantu kemajuan perkembangan rumah sakit di daerah yang jumlahnya mencapai 25 rumah sakit.

Menurutnya, untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit tentu selain melalui peningkatan akreditasi juga manajemen operasional setiap rumah sakit harus dikembangkan.

“Kami harapkan peran serta ARSADA bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kita juga pemprov Sumsel untuk melayani masyarakat secara baik,” ujar Lesty.
Masih kata dia, pemprov Sumsel saat ini siap membantu apa yang menjadi kendala bagi tenaga medis.

“Kita ada Perda tubel dimana dana dari provinsi ini bisa dimanfaatkan oleh kabupaten kota juga bisa dimanfaatkan juga instasi dari pusat untuk sekolah atau mengambil S2 misalnya atau mengambil spesialis itu bisa kita biayai, meskipun anggaran saat ini terbatas tetapi tetap kita usahakan,” urainya.
Sementara, Heru Haryadi Ketua Arsada Pusat mengungkapkan, ada tiga hal pokok yang menjadi kunci utama agar rumah sakit di daerah sukses dalam pengelolaan dan menciptakan kenyamanan dalam pelayanan.
Lanjutnya, yang pertama, pengelolaan keuangan BLU daerah, kedua rumah sakit daerah diakreditasi oleh badan akreditasi rumah sakit dan ketiga yakni, sukses dalam pelayanan jaminan kesehatan nasional.

“Kalau ketiga itu sukses berarti rumah sakit itu juga sukses,” tegas Heru. (juniara)

RelatedPost