PALEMBANG — Penetapan RUU CSR oleh DPR RI mendapat respon pro dan kontra karena CSR kerap kali diartikan secara keliru dan menambah beban dunia usaha, padahal aturan sudah lebih dari cukup, oleh karena itu UU ini jika diaplikasikan dianggap merongrong menggerus daya saing kita.

Untuk itu, Forum CSR Kesos menggelar seminar Nasional dengan topik “CSR-TJSL Understanding dan Implementasi Pemahaman dan Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (CSR) bagi Dunia Usaha di Sumatera Selatan.

Sumarjonoh Siragih, ketua pelaksana kegiatan mengatakan melalui seminar ini kita mencari cara keseimbangan CSR serta tetap berdaya saing Kepedulian lingkungan dan sosial tetap. Oleh karena bisa memberikan pemahaman secara utuh Seminar perlu tapi aksi jadi lebih perlu.

“Kami sudah aksi nyata, APINDO dan GAPKI serta forum CSR Kessos dengan mengadakan program Seribu Gerobak keren menyongsong Asian Games,” ungkap Sumarjono Saragih pada acara yang diselenggarakan oleh Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sumsel di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (07/02).

Oleh karena itu, Sumarjono Saragih mengajak korporasi untuk menyukseskan program Seribu Gerobak Keren menyongsong Sumsel tuan rumah Asian Games 2018.

“Rencana 4 unit, namun baru ada 3 unit di sekitar perkantoran ini. Pedagang gerobak. Seribu gerobak keren semoga menjadi karya nyata. Asian Games 2018 sudah di depan mata. Ini wujud kepedulian dan dukungan kami kepada Pak Alex Noerdin yang merupakan pemimpin visioner, dan bernyali,” ujarnya.

Sementara Ketua Forum CSR Kessos J Riantoni Natakesuma mengatakan seminar ini dalam rangkaian kegiatan Forum CSR yang akan dilakukan.

“Masih bias arti CSR di kalangan birokrasi, perguruan tinggi, dan korporasi. Forum CSR merupakan wadah. Dikira banyak duit. Padahal Forum CSR tidak pegang uang. Forum ini mengkoordinasi, mensinerjikan kepentingan pemerintah, korporasi dan masyarakat. Ini juga untuk perguruan tinggi pemahaman. Belum ada mata kuliah. Kini saatnya membentuk mata kuliah CSR. Padahal CSR ini seksi,” kata Riantoni. (juniara)

Artikel Terkait