Laskarwongkito.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah secara resmi mengumumkan penemuan exoplanet, yakni tata surya baru yang di dalamnya terdapat tujuh planet menyerupai Bumi.

Penemuan tujuh planet seukuran Bumi yang tersusun di sekitar bintang tunggal, tiga dari planet tersebut berada di zona yang layak huni.

034365500_1487900925-2

(sumber foto: cdn0-a.production.liputan6.static6.com)

Penemuan ini merupakan pencapaian baru  dan termasuk penemuan terbesar susunan planet di luar tata surya atau yang secara ilmiah. Sempat ditayangkan secara live streaming, berikut sederet fakta exoplanet yang mesti kamu tahu.

1. Exoplanet, sempat jadi Google Doodle

Berpotensi menompang kehidupan organik. Tiga dari tujuh planet yang ditemukan dalam orbit teratur memunculkan batuan sebagai alam dan memiliki temperatur yang memungkinkan adanya air, termasuk samudra. Secara jangka panjang, planet-planet mungkin menompang kehidupan, termasuk soal ketersediaan oksigen.

2. Meski bukti kehidupan tak bisa ditemukan secara instan, namun tetap bisa berkembang selama berabad kemudian

Punya ukuran lebih besar dari Jupiter dan berjarak 39 tahun cahaya, planet temuan NASA ini dikatakan masih muda dan bisa terus mengalami perkembangan. Dikatakan, tata surya ini punya kemungkinan umur 700 kali lebih panjang dari Bimasakti.

3. Identifikasi planet-planet ini menggunakan transit photometry

Ilmuwan NASA menggunakan Trappist robotic telescope dari Gurun Atacama, Chile untuk menemukan tata surya baru tersebut. Telah melacak setidaknya 34 transit menggunakan teleskop Spitzer, mereka akhirnya berani mengonfirmasi keberadaan tujuh planet di tata surya baru.

077980500_1487897615-1

(sumber foto: www.bintang.com)

4. Kondisi di exoplanet mungkin akan lebih gelap dan hangat daripada Bumi

Situasinya dikatakan 200 kali lebih gelap dari Bumi dan akan terdapat perbedaan lama waktu siang – malam. Namun selebihnya, kemungkinan pola kehidupan dikatakan sama dengan Bumi.

5. Ini hanya permulaan

Eufornia penemuan exoplanet ini dikatakan hanya permulaan, lantaran masih terdapat 40 miliar bayangan yang belum diidentifikasi di luar Bimasakti. Exoplanet pertama ditemukan pada 1992. Setelah itu terdapat 3.500 dunia baru yang berlokasi di 2.675 sistem bintang. (red/dil)

Artikel Terkait