PALEMBANG — Kejuaraan Bupati Cup II Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) cabang Kabupaten Banyuasin dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) dan juga selaku Ketua Cabang IPSI Sumsel, H Ishak Mekki.

Kegiatan IPSI digelar di Gedung Graha Sedulang Setudung komplek perkantoran Pemkab Banyuasin dibuka langsung Wagub Sumsel H Ishak Mekki, Jumat (7/10) yang diikuti dari 16 perguruan pencak silat mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA.

Dalam sambutannya Wagub Sumsel, H Ishak Mekki mengukapkan, Pencak silat merupakan asli leluhur Indonesia. 2-pembukaan-pencak-silat-bupati-banyuasin-cup-ii

“Jadi pencak silat patut dibanggakan karena warisan leluhur kita,” ujarnya.

Dia menilai, pencak silat harus disambut baik untuk ditumbuh kembangkan seperti berlatih dan harus tahu sejarahnya, InsyaAllah dengan rasa ingin tahu tentu akan tertarik dengan pencak silat.

Bahkan, sekarang ini pencak silat sudah tersebar di beberapa negara seperti Malaysia, Filiphina, Singapura dan Brunei Darussalam.

“Untuk itu saya harapkan para pelatih, Ketua IPSI Banyuasin dan lainnya mari tingkatkan agar pencak silat menjadi tradisi dan budaya,” ungkapnya.

Menurut Ishak, manfaat dari pencak silat banyak sekali, selain menjaga kesehatan, tentu punya komitmen, punya sportifitas, konsentrasi dan seni.

8-pembukaan-pencak-silat-bupati-banyuasin-cup-ii“Pencak silat sendiri sudah masuk olahraga nasional bahkan internasional. Maka itu kegiatan pencak silat harus lebih sering mengadakan event-event dan pertandingan seperti ini baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi bahkan nasional dan internasional,” tandasnya.

Sementara Laparan ketua IPSI banyuasin, Indra Hadi mengungkapkan, terimah kasih kepada Wagub Sumsel, KONI dan Pemkab Banyuasin yang sudah memberi support kepada pencak silat banyuasin.

“Pencak silat Kabupaten Banyuasin saat ini sudah menghasilkan atlit-atlit yang baik, tentu sebagai budaya asli Indonesia dan warisan leluhur kita mari lestarikan pencak silat,” katanya.

Kegiatan pencak silat diselenggarakan mulai dari tanggal 7 sampai 9 Oktober 2016.

Pada kesempatan ini juga Wagub Sumsel, H Ishak Mekki memberikan penghargaan kepada atlit pencak silat yang berprestasi di tingkat Asia, provinsi dan nasional. (adv)

RelatedPost