PALEMBANG — Tepat pukul 10.58 Wib, pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa  449 jemaah haji beserta petugas kloter mendarat dengan selamat.

Kakanwil Kemenag Sumsel melalui Kasubbag Inmas, H Saefudin, S Ag M Si mengatakan jemaah Haji Kloter 2 Debarkasi Palembang yang berasal dari Kota Prabumulih dan Kota Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang.

“Pemulangan kloter kedua  berjalan dengan lancar dan walaupun terlambat selama 3 menit dari jadwal telah di direncanakan,” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Saefudin menyampaikan rasa syukurnya Karena jemaah haji yang semula berangkat ketanah suci berjumlah 449  jemaah, pulang ketanah air dengan jumlah yang sama.

“Alhamdulillah tidak ada jemaah haji kloter 2 ini yang meninggal ataupun yang di rawat di tanah suci,” Jelasnya.

Lebih lanjut Saefudin menjelaskan bahwa dalam proses pemulangan ini para Jemaah  langsung dibawa ke Asrama Haji Palembang , sesampainya di sana para Jemaah haji langsung memasuki gedung aula asrama haji untuk dilakukan pemantauan kesehatan Jemaah melalui alat thermoscanner atau pendeteksi panas tubuh, sebagai antisipasi penyebaran penyakit yang kemungkinan terbawa oleh Jemaah.

“ Nanti akan dilakukan pembagian paspor dan air zamzam, selanjutnya jemaah dapat beristirahat sambil menunggu koper besar tiba dari bandara SMB 2 Palembang untuk diserah terimakan ke panitia,” Urainya.

Walaupun proses pemulangan jemaah haji kloter kedua ini  berjalan lancar tanpa kendala, namun  ada beberapa  jemaah haji yang dirawat di Poliklinik Debarkasi Palembang.

“ Ada 12 Jemaah haji yang di rawat di Poliklinik Debarkasi Palembang Karena kelelahan diantaranya 6 orang Jemaah laki-laki dan 6 orang Jemaah perempuan,” Tambahnya. (dil)

Artikel Terkait