PALEMBANG — Upaya Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (pemprov Sumsel) melaunching mobil Samsat Keliling Online yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak.

Kepala Badan Pendapatan Daerah, Marwan Fansyuri mengungkapkan bahwa ini merupakan sebuah langkah agar masyarakat lebih diberikan kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Kita berharap dengan adanya pelayanan ini bisa menarik minat masyarakat untuk membayar pajak agar pendapatan daerah kita juga meningkatkan, nanti masyarakat juga yang akan diuntungkan,” jelasnya usai melaunching Samsat Keliling Online di halaman kantor gubernur Sumsel, Rabu (05/04).

Sementara, Plt Sekretaris Daerah provinsi Sumsel, Joko Imam Sentosa mengajak masyarakat agar bersemangat dalam membayar pajak apalagi pemerintah terus mengupayakan kemudahan dalam proses pembayaran pajak.

Joko menjelaskan, Pajak merupakan tulang punggung APBD Sumsel oleh karenanya untuk mencapai pemenuhan APBD pemerintah berusaha keras mengoptimalkan pendapatan dari pajak yang dibayarkan masyarakat.

“Pajak memberikan kontribusi sebesar 40 persen untuk PAD, dan 60 persennya dari dana alokasi umum (DAU) tahun 2016 lalu pendapatan pajak kita hanya bisa mencapai 50 persen jadi diharapkan tahun ini bisa 100 persen apalagi sudah ada samsat keliling online,” harap Joko.

Diketahui, Sumsel memiliki 21 UPTD yang masing-masing nantibakan mendapatkan satu mobil untuk pelayanan samsat keliling online. Selain itu juga didukung dengan kendaraan roda dua.(juniara)

Artikel Terkait