PALEMBANG — Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi tersebut, Kamis (13/4) di Auditorium Bina Praja. Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Koperasi Bina Praja Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus merancang program kerja di masa mendatang.

Dalam kata sambutanya Joko menghimbau peserta RAT untuk ikut membahas rencana ke depan dan harus diikuti secara senang dan serius. Menurutnya semua program koperasi bisa direalisasikan secara baik melalui perencanaan yang matang, dimana akhirnya mampu menyejahterakan para anggotanya di masa mendatang.

“Ke depan akan ada terobosan baru buat anggotanya, mulai dari kartu anggota yang bisa mendapatkan berbagai fasilitas, hingga dalam waktu dekat akan di-launching apotek, laboratorium dan klinik koperasi bekerjasama dengan Kimia Farma,” jelasnya.

Lanjutnya, Pemerintah provinsi Sumsel (Pemprov Sumsel) telah menyerahkan sembilan aset Pemprov yang diserahkan Gubernur Sumatera Selatan, untuk koperasi bina praja dalam mengembangkan lini usahanya.

“Sehingga diharapkan ke depan akan semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran koperasi, yang kemudian dapat membuat koperasi Bina Praja semakin eksis untuk memberikan manfaatnya bagi anggota,” ungkap Joko.

Sementara itu Ketua Pengurus Koperasi Bina Praja Sumsel Syahrir menambahkan, pada tahun 2016 pihaknya mulai mengoperasikan gedung sebagai kantor koperasi yang ada mini market sejak bulan Januari 2016 lalu. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini pula akan dilakukan pembenahan terhadap pengurus yang ada.

Menurutnya, para pengurus yang berdasarkan surat keputusan Gubernur pada maret 2015, dan yang saat ini masih aktif hanya beberapa orang saja, sehingga diharapkan melalui RAT ini pula akan dilaksanakan perencanaan kerja ke depan.

“Selain itu perlu kami sampaikan karena keterbatasan anggaran, maka pihaknya belum bisa merekrut pegawai baru untuk ditempatkan di Koperasi,” katanya.

Ke depan, pihaknya  akan  pemaksimalan SDM, untuk memastikan koperasi bisa memberikan layanan yang baik kepada para anggotanya. Bagi PNS pemprov Sumsel akan diberikan kartu keanggotaan, yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pada mini market milik Koperasi Bina Praja, bahkan tak tanggung-tanggung, nantinya bagi mereka yang berbelanja di mini market tersebut akan diberikan potongan harga, dan tidak menutup kemungkinan kartu keanggotaan tersebut dapat digunakan sebagai ATM.

“ Dan harus diakui memang kepengurusan sebelumnya tidak berjalan, namun sejak 2016 semua aktifitas mulai berjalan dengan baik,” tuturnya. (Juniara)

Artikel Terkait